Hasil MotoGP Doha 2021

Bagikan :

Cakrawalatoday.com — Fabio Quartararo menang MotoGP Doha 2021 setelah mengalahkan Johann Zarco dan Jorge Martin di Sirkuit Losail, Qatar, Ahad (4/4).

Quartararo meraih kemenangan luar biasa. El Diablo meraih start yang lambat dan bahkan hanya berada di posisi delapan saat memasuki tengah balapan. Jorge Martin dan Johann Zarco memulai balapan dengan impresif dengan berada di posisi satu-dua memasuki tikungan pertama. Pembalap Aprilia Aleix Espargaro juga tampil luar biasa dengan berada di posisi ketiga setelah start dari posisi tujuh.

Duo Suzuki Alex Rins dan Joan Mir juga meraih start bagus dan sempat menembus posisi lima besar di dua lap awal. Rins memanfaatkan keunggulan akselerasi Suzuki dengan menyalip Aleix dan Zarco untuk berada di posisi kedua memasuki lap kelima.

Rins sempat mengancam duo Ducati dan sempat beberapa kali menyalip Zarco. Namun, kecepatan Desmosedici di jalur lurus tidak mampu diatasi Suzuki. Rins pun kehilangan posisi ketiga setelah disalip Francesco ‘Pecco’ Bagnaia.

Quartararo menjadi pembalap dengan penampilan terbaik di paruh terakhir MotoGP Doha. Pembalap asal Prancis itu sukses menyalip Bagnaia di lap ke-16 untuk berada di posisi ketiga.

Quartararo kemudian sukses menyalip Zarco dan Martin untuk memimpin balapan di lap ke-18 dan 19. Vinales pun berhasil melewati Zarco di lap ke-19 sebelum kembali disalip pembalap asal Prancis itu di jalur lurus.

Quartararo pun berhasil mempertahankan posisi terdepan dan menang MotoGP Doha 2021 dengan mengalahkan Zarco dan Martin.

Paling ketat

MotoGP Doha 2021 jadi seri paling ketat dalam sejarah MotoGP berdasarkan selisih antara pembalap pertama dengan ke-15.

Balapan MotoGP Doha berlangsung dengan sengit. Jarak antara pembalap tidak begitu besar. Pembalap-pembalap pun tidak bisa lengah lantaran mereka bakal dengan mudah disusul oleh pembalap di belakang mereka.

Setelah balapan selesai, selisih antara Fabio Quartararo dan Miguel Oliveira adalah 8,928 detik. Selisih tersebut jauh lebih rendah dibandingkan rekor sebelumnya yang tercipta di MotoGP Qatar 2019.

Rekor sebelumnya di MotoGP Qatar 2019 adalah 15,093 antara pembalap juara dengan pembalap yang finis di posisi ke-15.

Quartararo sendiri jadi contoh nyata betapa ketatnya persaingan dan selisih antarpembalap di MotoGP Doha. Quartararo yang ada di posisi kedelapan bisa menyusul pembalap-pembalap di depannya di paruh akhir balapan.

Quartararo pun akhirnya sukses menjadi juara MotoGP Doha usai merebut posisi terdepan yang lama ditempati oleh Jorge Martin.

Ketatnya MotoGP Doha juga bisa tergambar dari posisi para pembalap di tujuh besar. Pecco Bagnaia sempat ada di posisi tiga besar namun kemudian finis di posisi keenam lantaran terlalu melebar di salah satu tikungan dan disusul banyak pembalap lainnya di belakang.

Maverick Vinales juga sempat berupaya mendekat ke posisi tiga besar namun kesalahan yang ia lakukan di akhir balapan malah membuatnya melorot ke posisi kelima karena disusul oleh Alex Rins.

Balapan MotoGP 2021 berikutnya bakal berlangsung di MotoGP Portugal, 18 April mendatang. Balapan MotoGP Portugal bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans7 dan livestreaming di CNNIndonesia.com.

Balapan Paling Ketat Sepanjang Sejarah (Berdasarkan Selisih Waktu 15 Besar)

1. MotoGP Doha 2021 (8,928 detik)

2. MotoGP Qatar 2019 (15,093 detik)

3. MotoGP Aragon 2020 (15,941 detik)

4. MotoGP Belanda 2018 (16,043 detik)

5. MotoGP Qatar 2021 (16,422 detik).

Sumber: CNNIndonesia.com

Print Friendly, PDF & Email