Pesantren Mahasiswa Unilak Resmi Diluncurkan, 25 Mahasiswa Terima Beasiswa Penuh 4 Tahun

Bagikan :

Cakrawalatoday.com – Universitas Lancang Kuning resmi memulai program pesantren mahasiswa Unilak (PMU), Senin (12/10/2020) lalu. Peluncuran PMU dilakukan oleh Wakil Rektor II Hardi SE MM di aula perpustakaan, dihadiri oleh jajaran dekan dan dosen di lingkungan Unilak.

Program ini sejalan dengan visi Unilak menjadi universitas unggul di tingkat nasional berlandaskan budaya Melayu 2030, dan tujuh nilai Unilak yang salah satunya adalah religius.

Peserta PMU sebanyak 25 orang mahasiswa baru, dan mahasiswa lama dari 9 fakultas yang ada di Unilak. Mahasiswa yang mengikuti PMU ini mendapatkan beasiswa penuh selama 4 tahun, diberikan fasilitas asrama, kebutuhan harian dijamin, kemudian juga mendapatkan pelatihan ilmu agama, serta kewirausahaan di Unilak.

Hardi SE MM saat membuka PMU mengatakan, tujuan program ini agar peserta menjadi insan religius, insan mandiri, insan tangguh, dan kemandirian ekonomi dan mampu menyebarkan ilmu-ilmu yang didapatkan ke mahasiswa lainnya.

“Program ini adalah cita-cita pak rektor, agar ada mahasiswa Unilak menjadi calon calon pemimpin religius, pemimpin yang mandiri, dan menjadi calon pengusaha yang memiliki pengetahuan agama mumpuni. PMU terlaksana karena kerjasama Unilak dengan BAZNAS Riau,” ujarnya.

Dijelaskan Hardi, mahasiswa akan memanfaatkan lahan di Unilak untuk berwirausaha, untuk tempat penginapan disediakan di rusunawa dan ini sangat layak. Di rusunawa tersedia kamar, ruang belajar, ruang diskusi, ruang shalat, wi-fi, dan lain lain.

Dalam pelaksanaan program pesantren mahasiswa Unilak, porsi ilmu agama Islam akan mendapatkan pembelajaran lebih banyak, Unilak telah menyiapkan dosen-dosen terbaiknya.

Struktur organisasi PMU dipimpin oleh Kurniawan MPd sebagai direktur, wakil  direktur Ustadz Ridwan SAg Mag, Koordinator Pendidikan Ustadz Azani MHum dengan anggota Ustadz Juswandi SS MA, Koordinator pembinaan ustadz Lasri Nijal Lc MA, Koordinator kewirausahaan ustadz Ahmad Zamhuri SKom MKom, Koordinator sarana & prasarana ustadz Suwito Shum, Koordinator rumah tangga ustadzah Zurhema SHut, dan Sekretariat ustadzah Yuliana Putri Dewi SPd.**

Rilis

BERITA TERKAIT

Manfaatkan Teknologi, Rektor Lantik Pejabat di Lingkungan Unilak secara Virtual

Redaksi

Rektor: Tidak Benar Mahasiswa Unilak Perusak Mobil Saat Demo di DPRD Riau

Redaksi

Buka Pamaba 2020, Rektor Unilak: Jangan Menyerah untuk Meraih Sarjana

Redaksi

Luncurkan Jumat Berkah, Rektor Unilak Harap Dapat Meningkatkan Pengetahuan Keagamaan

Redaksi

Alhamdulillah, Di Masa Pandemi Mahasiswa Pascasarjana Unilak Meningkat

Redaksi

Pandemi, Unilak Gelar Wirid Bulanan Secara Virtual

Redaksi