Wakil Ketua II DPRD Kota Batam Ruslan Ali Wasyim. (photo:int)

Terkait Antisipasi Covid-19, DPRD Dukung Pemko Batam Liburkan Sekolah Selama 14 Hari

Bagikan :

CAKRAWALATODAY.COM, Batam – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam masyarakat termasuk pengusaha hiburan yang biasa dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara tidak perlu panik dengan mewabahnya virus corona (covid 19) di Indonesia.

Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Ruslan Ali Wasyim mengatakan untuk mengantisipasi meluasnya diperlukan pencegahan penyebaran virus corona agar tidak berdampak terhadap pariwisata Batam yang sering mengunjungi tempat keramaian seperti mall-mall dan tempat hiburan lainnya.

Selain itu, pihaknya sudah menggelar rapat dengan Forum Pimpinan Daerah kota Batam membahas penangkalan virus Corona di kota Batam. Dan, memutuskan dengan mengambil kebijakan meliburkan kegiatan belajar dan mengajar disekolah (TK, SD dan SMP) selama 14 hari.

“Waktu 14 hari tersebut dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona itu dan dapat menyelamatkan ribuan orang,” kata Ruslan, kepada media ini, di Batam, kemarin.

Menurutnya, sedangkan untuk anggaran penanggulangannya , sesuai penyampaian Pemko Batam saat ini lebih kurang Rp4 miliar dan jika diperlukan lagi nanti dapat dianggarkan di APBD-P 2020 kota Batam.

Ruslan menghimbau kepada warga Batam tidak perlu panik termasuk pengusaha tempat hiburan yang biasa dikunjungi wisata lokal maupun mancanegara dan dihimbau tempat keramaian, seperti mall-mall maupun lainnya agar menyediakan hand sanitizer bagi pengunjung.

“Untuk menghadapi kondisi hari ini, Pemerintah dan DPRD kota Batam sepakat mengalokasikan APBD sebesar Rp4 Miliar untuk penanggulangan virus corona. Dana itu telah diplot untuk digunakan sebagai dana rehabilitasi jika ada warga Batam yang terpapar corona,” ungkap pria yang juga Ketua DPD Golkar kota Batam ini.

Dia menyebut, tak hanya itu, keseriusan DPRD kota Batam untuk mendukung langkah preverentif Pemerintah itu dengan mengajukan dana tambahan di Anggaran Perbelanjaan Daerah Perubahan (APBD-P) yang akan di ketok pada Mei mendatang.

“Harapannya, dana itu masih tetap ditambah dari APBD-P nantinya. Namun, besaran masih dibahas,”papar Ruslan.

Ia berharap agar semua pihak berkomitmen untuk tidak terlalu panik dalam menghadapi perkembangan virus corona, yang diharapkannya agar seluruh warga Batam mampu bersikap proporsional, dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Mencuci tangan dengan benar. Membuat Anda mencuci dengan benar, menggunakan air mengalir serta mencuci tangan sanitizer, basuh berpindah tangan, punggung tangan, sela-sela jari hingga kuku selesai 20 detik.

Gunakan Masker. Pakailah masker yang sesuai dengan standar medis (masker bedah). Pakai dengan cara yang benar, sisi berwarna menghadap keluar sisi sisi yang berwarna putih menghadap wajah dan wajah, mulut ke ke dagu.

Tutup mulut saat batuk atau bersin. Gunakanlah tisu atau sapu tangan saat akan batuk dan bersin. Jika tidak memiliki tisu dan sapu tangan, gunakan lengan baju untuk mempertahankan mulut. Buang segera tisu ke tempat sampah.

Menjaga daya tahan tubuh. Virus partikel tidak dapat melawan tubuh dengan daya tahan yang tinggi. Untuk itu tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Selain itu, biasakan diri untuk rutin berolahraga.

“ Mari bersama cegah penyebaran virus corona, dan sampaikan kepada mereka di sekitar kita untuk selalu hidup bersih, sehat selalu.” tutup dia. (*/adv)

Print Friendly, PDF & Email