Prodi PBSI UIR Taja Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah di SMPN 2 Kampar

Bagikan :

CAKRAWALATODAY.COM –Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau mengadakan kegiatan Pengadian Kepada Masyarakat (PkM) di SMP Negeri 2 Tambang, Kabupaten Kampar. Tim pengabdian Prodi PBSI diketuai Alber SPd MPd bersama Desi Sukenti MPd dan Noni Andriyani MPd, serta mahasiswa Ari Fathonah dan Tami Titania.

“Pengabdian kali ini bertema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di SMP Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampar,” ujar Albert kepada Cakrawalatoday, Senin (27/01/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan Sabtu dan Ahad, 25-26 Januari 2020 yang diikuti Guru-guru SMP Negeri 2 Tambang.

“Banyaknya keluhan guru-guru yang kesulitan dalam menulis artikel ilmiah menjadi alasan tim untuk melaksanakan kegiatan PkM di SMP Negeri 2 Tambang. Padahal kegiatan penelitian dan menulis artikel ilmiah merupakan salah satu syarat untuk kenaikan pangkat. Berdasarkan hal tersebut PkM perlu dilakukan dengan serius sampai pada tahap penulisan artikel ilmiah dan memublikasikannya,” ulas dosen PBSI UIR ini.

Dijelaskan, PkM merupakan bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi nyata perguruan tinggi terhadap kemajuan masyarakat sekitarnya. Berdasarkan Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi Menristekdikti Edisi X Tahun 2016 salah satu tujuan PkM adalah memberikan solusi berdasarkan kajian akademik atas kebutuhan, tantangan, atau persoalan yang dihadapi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pengabdian kepada masyarakat kami ini, terang Albert, berupa pelatihan penulisan artikel bagi guru-guru SMP Negeri 2 Tambang dilaksanakan melalui 3 tahap, yakni persiapan, pelaksanaan, dan tahap pendampingan.

“Berdasarkan hasil dari kegiatan, menunjukkan bahwa pelaksanaan penyuluhan ini berhasil dengan baik dan sukses. Hal tersebut terlihat dari antusias peserta ketika pelatihan berlangsung,” kata dia.

Sekolah menyambut sangat baik kegiatan ini. “Kegiatan ini sesuai dengan kebutuhan dan harapan kami sebagai guru, dan berharap ada pendampingan berikutnya tentang publikasi artikel ilimah,” tutur Albert mengulang pernyataan Kepala SMPN 2 Tambang, Muhammad Idris SPd MPd.**

Print Friendly, PDF & Email