KamparPendidikan

Pengabdian Dosen UIR di Teluk Kenidai, Anak-anak Desa Diajar Bahasa Inggris sambil Bernyanyi

CAKRAWALATODAY.COM – Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Riau melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Teluk Kenidai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, Riau pada 25 Januari 2020. Desa ini dipilih karena sedang giat melakukan pengembangan potensi wisata setempat.

Salah satu topik pengabdian yang dilakukan adalah “Upaya peningkatan kemampuan Bahasa Inggris anak-anak di Desa Teluk Kenidai Kabupaten Kampar dengan Metode Sing to Play”.  

“Metode sing to play adalah metode bernyanyi sambil bermain yang menyenangkan berguna untuk merangsang otak anak supaya lebih cepat memahami suatu materi. Musik berpengaruh pada guru dan siswa, dapat menata suasana hati, mengubah keadaan mental siswa dan mendukung lingkungan belajar. Musik juga dapat membantu siswa bekerja lebih baik, mengingat lebih banyak dan memperkuat belajar baik secara sadar maupun tidak sadar,” terang Ketua Tim PkM, Andi Idayani SPd MPd kepada Cakrawalatoday.com, Senin (27/01/2020) di Pekanbaru.

Menurut Andi Idayani, anak-anak di Desa Teluk Kenidai perlu diberi pemahaman dan peningkatan kemapuan berbahasa Inggris, karena pariwisata di desa tersebut tengah berkembang. Terutama dengan keberadaan Pulau Cinta yang ramai dikunjungi orang.

Dalam kegiatan PkM ini, Andi Idayani dibantu dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UIR Dra Betty Sailun MEd, Missi Tri Astuti SPd MPd, serta mahasiswa Dwi Putri Amanda dan Winda Tanti Azhara.

“Kami berharap motivasi anak-anak di Teluk Kenidai untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka semakin meningkat, terutama dengan metode Sing to Play, di mana anak-anak dapat belajar Bahasa Inggris sambil bernyanyi,” ujar Andi Idayani.**

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button