Sosialisasi Pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi Dosen Fekon UIR Berjalan Sukses

Bagikan :

CAKRAWALATODAY.COM – Dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau yang diketuai oleh Dr Azwirman SE M.Acc CPA bersama Kantor Wilayah Pajak Provinsi Riau melakukan sosialiasi penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Orang Pribadi. Pelaksanaan kegiatan berdepatan dengan jadwal penyampaian SPT Tahunan.

Sosialisasi dilakukan di kawasan UIR di mana. Daerah kampus UIR merupakan kewenangan dari KPP Bangkinang yang membawahi kabupaten Kampar dan Rokan Hulu.

Azwirman menjelaskan, sebagai negara yang berkembang sebenarnya Indonesia memiliki berbagai macam potensi yang dimiliki untuk menjadi negara yang lebih maju. Sumber penerimaan negara Indonesia dibagi menjadi dua yaitu penerimaan dalam negeri dan dari penerimaan luar negeri, dan pajak merupakan salah satu sumber penerimaan negara.

“Pajak memiliki andil besar dalam pendapatan negara. Dalam APBN tahun 2017 pemerintah menargetkan pendapatan negara sebesar Rp1.894,7 triliun dengan asumsi 85,4 persen dari pendapatan tersebut berasal dari pajak, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa sebagian besar kegiatan negara dibiayai oleh penerimaan pajak,” terangnya.

Menurutnya, pemungutan pajak memang bukan suatu yang mudah. Selain peran serta aktif pegawai pajak, kesadaran masyarakat juga dituntut untuk membayar pajak. Pada umumnya masyarakat wajib pajak cenderung menghindarkan diri dari pembayaran pajak.

“Kecenderungan ini terjadi karena tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah dan kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap peraturan perpajakan,” ucapnya.

Dalam sosialisasi yang berlangsung padasemerter pertama tahun 2019 itu, tim dosen dan mahasiswa FE UIR juga menyampaikan e-filling, yang merupakan layanan pengisian dan penyampaian Surat Pemberitahuan Wajib Pajak yang dilakukan secara elektronik melalui sistem online yang real time kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melalui internet pada website DJP atau melalui Penyedia Jasa Aplikasi yang telah ditunjuk oleh DJP.

Dengan diterapkannya sistem e-filling, diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi wajib pajak dalam mempersiapkan dan menyampaikan SPT karena dapat dikirimkan kapan saja dan di mana saja sehingga dapat meminimalkan biaya dan waktu yang digunakan wajib pajak.

“Namun masih banyak WP yang tidak mengerti bagaimana penyampaian SPT Tahunan Pribadi melalui e-filing tanpa harus datang ke kantor pajak,” sebut Azwirman.

Dan melalui sosialisasi, hasil dari kegiatan ini adalah tersampaikannya laporan SPT tahunan wajib pajak orang pribadi lebih dari 200 orang.**

Print Friendly, PDF & Email