Kuantan SingingiPendidikan

Pelaku UMKM di Benai Dapat Pelatihan Pembuatan Keuangan dari LPPM Unri

CAKRAWALATODAY.COM – Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Universitas Riau yang diwadahi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Riau melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa Pelatihan Pembuatan Keuangan bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi, di Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi.

Kegiatan pengabdian yang diketuai oleh Dra Ruzikna MSi dan beranggotakan Lie Othman SPi MM, Dr Lena Farida MSi, dan Frini Karina Andini S AB M AB ini dilaksanakan mulai 11 Juli 2019, dibuka oleh Sekretaris Camat Benai.

Kegiatan diawali dengan kegiatan pelatihan dalam bentuk ceramah dan diskusi dengan masyarakat para pelaku usaha dengan memberikan pemahaman akan pentingnya peran laporan keuangan pada pengelolaan dan pengembangan UMKM.

Para pelaku UMKM sangat antusias dan semangat dengan adanya kegiatan pelatihan ini. Puspa Sari sebagai salah satu pelaku usaha mengatakan bahwa Kegiatan ini dirasakan sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha, karena selama ini laporan keuangan sangat tidak terperhatikan, sehingga usaha yang dijalankan tidak berkembang dan keuangan selalu kacau dan sering kali modal menjadi minus dan terpakai dana pribadi.

Ketua kegiatan pengabdian ini Dra Ruzikna MSi juga mengungkapkan bahwa melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Universitas Riau berharap dapat memberikan kontribusi melalui penyuluhan dan pelatihan pembuatan keuangan sederhana pada UKM di Kecamatan Benai.

“Tujuannya agar para pelaku usaha dapat mengelola dan mengatur keuangan usahanya sehingga usaha masyarakat dapat berkembang melalui pembuatan keuangan yang baik,” sebutnya.

Kegiatan ini tidak hanya berlangsung selama 1 hari, namun terus berkelanjutan dengan adanya pendampingan yang dilakukan oleh tim pengabdian. Sehingga para pelaku usaha dapat terus belajar dan bertanya bila menghadapi kendala.

Selain itu, tim pengabdian juga dapat memantau tingkat ketercapaian kegiatan secara berkelanjutan sehingga nantinya pembuatan laporan keuangan ini dapat membantu para pelaku usaha mengelola laporan keuangan dan mengembangkan usaha kedepannya.

“Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang besar bagi pengembangan UMKM di Kecamatan Benai. Sehingga para pelaku usaha dapat mengelola keuangan usaha dengan lebih bijaksana dalam artian tidak lagi tercampur dengan kebutuhan harian, lebih teratur dan disiplin dalam pengelolaan keuangan, serta dapat mengembangkan usaha dengan mengajukan kerjasama dengan berbagai pihak,” pungkas Ruzikna.**

sumber: RILIS

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button