Berita TerbaruBerita UtamaPekanbaru

Ratusan Pengungsi Asal Luar Negeri Demo Kantor Rudenim Pekanbaru

CAKRAWALATODAY.COM, Pekanbaru – Kantor Rudenim Pekanbaru didemo ratusan pengungsi asal luar negeri. Mereka menuntut agar rekannya yang ditahan dilepaskan.

Aksi demo ini digelar di kantor Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pekanbaru di kawasan Jl Sudirman, Pekanbaru, Jumat (26/7/2019). Mereka menggelar aksi ini dari sore hingga malam hari.

Pantauan detikcom, para pendemo menunjukkan rasa solidaritas terhadap enam rekan mereka yang masuk sel Rudenim Pekanbaru. Mereka tak terima, sehingga meminta rekannya dibebaskan.

Aksi mereka hingga malam hari mendapat pengawalan dari aparat kepolisian jajaran Polresta Pekanbaru. Sejak sore pukul 17.00 WIB, negosiasi yang dilakukan pengungsi dengan pihak Rudenim tidak membuahkan hasil.

Hingga malam pukul 22.00 WIB, ada kesepakatan akan dilakukan pertemuan ulang dengan pihak pengungsi asal Afganistan, Somalia, dan Sudan. Tuntutan mereka, yakni meminta rekannya dibebaskan dari tahanan, ditolak pihak Rudenim.

Akhirnya mereka membubarkan diri dengan tertib sembari dikawal pihak kepolisian. Mereka kembali ke tempat akomodasi (penginapan) masing-masing yang ada di Kota Pekanbaru. Sekedar diketahui, para pengungsi pencari suaka politik ini selama ini diberi akomodasi penginapan sekelas hotel melati oleh UNHCR.

Kepala Rudenim Pekanbaru Junior Sigalingging mengatakan pihaknya memang menahan enam pengungsi. Mereka dianggap melanggar aturan yang telah ditetapkan.

Baca selengkapnya di Detik.com

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button