Berita TerbaruBerita UtamaPekanbaru

Inovasi Jitu Dishub Pekanbaru Berantas Calo Uji KIR

CAKRAWALATODAY.COM, Pekanbaru – Untuk memberantas aksi oknum calo yang berkeliaran pada tahapan pengujian kendaraan bermotor atau uji kir di Kota Pekanbaru, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru sudah menyediakan dua inovasi jitu yang dinilai ampuh untuk memberantas calo pada uji kir tersebut.

Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarat dan memutus mata rantai para calo yang menyebabkan kerugian pada pemilik kendaraan.

“Untuk memberantas oknum yang bertindak sebagai calo dan mengakibatkan kerugian baik pada pemilik kendaraan maupun kerugian pada sisi penerimaan pendapatan asli daerah, maka kita lakukan inovasi, yang pertama dengan cara menghapuskan transaksi tunai. Kita bekerjasama dengan BNI,” kata Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Pekanbaru, M Nasri, SH, M.Si, Selasa (22/7).

Dengan kerjasama ini, kata Nasri, pemilik kendaraan diminta untuk melakukan transaksi pembayaran uji kir ke atm BNI, selanjutnya bukti transfer diserahkan ke bagian bendahara untuk diproses.

Inovasi kedua yakni bekerjasama dengan Telkomsel dalam hal mengingatkan pemilik kendaraan untuk melakukan uji kir tepat waktu. Cara ini dinilai Nasri, efektif untuk meningkatkan pengendara untuk melakukan uji kir tepat waktu, otomatis juga akan meningkatkan PAD Kota Pekanbaru.

“Nanti nomor ponsel para pemilik kendaraan kita serahkan ke Telkomsel, maka pemilik kendaraan akan menerima SMS Broadcast dua pekan sebelum kir mereka mati, sehingga mereka bisa melakukan uji kir tepat waktu,” terangnya.

Untuk inovasi tersebut, tambah Nasri, saat ini sudah selesai 80 persen dan akan di-launching pada akhir bulan ini. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button