BatamBerita TerbaruBerita Utama

Praktisi Industri Diajak Jadi Dosen

CAKRAWALATODAY.COM, Batam – Politeknik Negri Batam membuka kesempatan untuk menjadi Dosen Praktisi bagi profesional dan pelaku industri di Batam.

Dosen Praktisi ini sesuai dengan amanat dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Meristekdikti) bagi Politeknik untuk memperbanyak dosen dari industri.

“Program ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara Politeknik dengan industri dan diharapkan dapat meningkatkan relevansi dan kualitas lulusan politeknik,” ujar Direktur Politeknik Batam, Dr. Priyono EKo Sanyoto, DEA, Kamis (18/7).

Sesuai aturan, kata dia, Dosen Praktisi yang memenuhi syarat dapat memeperoleh Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK). Kebijakan mengenai NIDK ini dituangkan dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 2 tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor 26 Tahun 2015 tentang Registrasi Pendidik pada Perguruan Tinggi.

Perekrutan Dosen Praktisi Polibatam dapat dilakukan melalui mekanisme penugasan oleh industri/instansi maupun secara sukarela. Penugasan oleh industri/instansi terjadi jika Dosen Praktisi ditunjuk oleh industri/instansi karena adanya aktivitas kerjasama pembelajaran antara Polibatam dan industri/instansi.

“Mekanisme sukarela dilakukan dengan inisiatif calon Dosen Praktisi mendaftar sebagai dosen di Polibatam,” terangnya.

Deskripsi Dosen Praktisi adalah sebagai berikut;

  • Status kepegawaian tetap di industri/instansi asal.
  • Dapat mengusulkan jenjang karir jabatan akademik.
  • Dapat mengikuti pembinaan dan peningkatan kompetensi pedagogi di Polibatam.
  • Dapat memperoleh NIDK. Bagi dosen yang belum memiliki jenjang pendidikan Magister, dapat dilakukan penyetaraan melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Sebagai catatan, penyetaraan RPL yang dilakukan oleh Polibatam hanya berlaku di Polibatam. Pengalaman dan sertifikat kerja diakui sebagai kredit/gelar.

Terkait proses penyetaraan melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi Dosen Praktisi, kemarin sudah diserahkan SK RPL setara KKNI level 8 kepada delapan Dosen Praktisi Polibatam oleh Menristekdikti Prof. Moh. Nasir.

Ke delapan SK RPL tersebut merupakan batch pertama Dosen Praktisi di Polibatam. Berikutnya Polibatam akan melakukan RPL bagi 100-an Dosen Industri sampai tahun 2020.

Profil delapan Dosen Praktisi

  • Muhammad Doris, S1 Bidang Teknik Informatika dengan pengalaman di Industri Elektronika selama kurang lebih 13 tahun. Area kerja di bidang IT, terakhir sebagai IT Senior Manager di Industri Elektronika di Batam.
  • Fadli D4 Teknik Elektro berpengalaman di Industri Electric Manufacturing selama kurang lebih 11 tahun. Saat ini ia sebagai Senior Manager di salah satu perusahaan manufaktur di Batam.
  • Adhiguna, S1 Teknik Informatika berpengalaman di Industri Manufaktur Supporting Oil and Gas. Saat ini dia sebagai Head of IT di perusahan Supporting Oil and Gas di Batam.
  • Tytin Defia, S1 Akuntansi yang berpengalaman di Industri selama kurang lebih 21 tahun. Saat ini beliau sebagai Direktur Perusahaan Degeet Oritikal Bugit Batam.
  • Wahyudin, S1 Akuntansi berpengalaman kerja selama kurang lebih 16 tahun. Ia saat ini sebagai Owner perusahaan Accounting & Finance Consulting di Batam.
  • Ian Sobri, S1 AKuntansi. Ia berpengalaman kerja di industri selama kurang lebih 14 tahun. Saat ini ia sebagai Accounting Senior Officer.
  • Sumarto, D4 Multimedia dan Jaringan. Ia berpengalaman kerja di industri selama kurang lebih 5 tahun. Saat ini beliau sebagai Senior Programmer di perusahaan IT.
  • Athailah, S1 Sistem Informasi. Ia berpengalaman kerja di industri selama kurang lebih 19 tahun. Saat ini ia sebagai Senior Instructor suatu training center di Batam. (mik)
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button