everomorsk adalah markas Armada AL di bagian utara. Foto: Getty Images

Kapal Selam Milik Angkatan Laut Rusia Terbakar, 14 Kru Kapal Tewas

Bagikan :

CAKRAWALATODAY.COM – Kebakaran yangmelalap kapal selam penelitian milik Angkatan Laut (AL) Rusia menewaskan 14 kru kapal, menurut keterangan menteri pertahanan Rusia.

Para awak keracunan asap kebakaran kala kapal selam itu tengah melakukan pengukuran kawasan perairan Rusia hari Senin (1/7) lalu, dikutip okezone.com

Kementerian Pertahanan Rusia tidak memberi rincian terkait jenis kapal selam yang ditumpangi. Namun sebuah media Rusia melaporkan bahwa kapal yang digunakan merupakan kapal selam mini bertenaga nuklir yang digunakan untuk operasi khusus.

Api berhasil dipadamkan dan kini kapal selam tersebut berada di Severomorsk, markas utama Armada AL Rusia bagian Utara.

Kementerian juga tidak menyebutkan berapa banyak kru yang menumpangi kapal selam ketika kebakaran terjadi. Laporan media setempat menyatakan beberapa anggota kru terluka dan dibawa ke rumah sakit.

Penyelidikan kecelakaan itu telah dimulai di bawah arahan panglima AL Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin, pada hari Selasa (02/07), membatalkan jadwalnya untuk menghadiri sebuah acara di daerah Tver, barat laut Moskow, untuk membahas masalah tersebut dengan Menteri Pertahanan, Sergei Shoigu.

Putin menggambarkan insiden tersebut sebagai sebuah kehilangan besar bagi Angkatan Laut Rusia, dan menyampaikan “duka cita yang mendalam” bagi keluarga para korban.

Tujuh kapten dan dua orang personel AL yang dianugerahi gelar kehormatan tertinggi, Pahlawan Federasi Rusia, adalah beberapa di antara mereka yang tewas di dalam kapal selam itu, kata presiden.

Shoigu lantas diperintahkan untuk langsung menuju Severomorsk. (*)

Helmi

Print Friendly, PDF & Email