Berita TerbaruPendidikan

Bazar Enterprenuer: UMKM Tangguh Ekonomi Tumbuh

Cakrawalatoday.com — Saat ini soft skill sangat penting, baik untuk menjadi karyawan maupun pengusaha. Karena hal tersebut sejalan dengan Kurikulum Merdeka. Mendukung program Kurikulum Merdeka maka mahasiswa yang mengambil mata kuliah entrepreneur (kewirausahaan) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang diampu oleh Prama Widayat selaku dosen kewirausahaan, membuat sebuah projek Kewirausahaan, membuat bazar skala Kota Pekanbaru yang diadakan pada Selasa, 28 Mei 2024 di lapangan parkir FEB Unilak.

Terselenggaranya bazar ini juga program dari Unit Kewirausahaan FEB Unilak dan UKM Kajian Ilmiah dan Kewirausahaan (KIK) Unilak.

Kegiatan ini mengambil tema “UMKM Tanggung Ekonomi Tumbuh”, yang bermakna bahwa sektor UMKM yang diisi oleh para entrepreneur menjadi urat nadi ekonomi masyarakat di tengah sulitnya mencari lapangan kerja. Mahasiswa dilatih membuat proposal, mencari sponsor acara, melakukan negosiasi dengan pihak sponsor, membangun team work, serta mengatur acara agar berjalan dengan lancar.

Bazar Enterpreneur diisi oleh 35 stand yang terdiri dari 20 stand mahasiswa dan 15 stand umum yang ada di Kota Pekanbaru dengan beraneka ragam produk. Selain itu juga ada lomba menyanyi untuk umum, lomba mobile legend, pemilihan stand terbaik, puluhan door prize, dan hiburan musik akustik.

Acara ini menarik pengunjung mahasiswa, dosen, karyawan Unilak, dan juga masyarakat umum. Hampir semua dagangan masing-masing stand habis terjual, bisa dikatakan 80 persen habis dibeli oleh pengunjung.

Rektor Unilak dan Dekan FEB Unilak mendukung penuh kegiatan ini karena bagian dari penilaian akreditas kampus. Selain itu juga disponsori oleh BNI Cabang Pekanbaru, PLN Peduli, Bank Sampah Unilak, dan didukung oleh Smartfren, My Republic, dan Caffino sehingga acara ini berjalan dengan lancar dari pukul 08.00 hingga pukul 20.00 WIB. Acara ini berlangsung sampai pukul 20.00 WIB karena menunggu final mobil legend ,sedangkan untuk yang lainnya sudah selesai jam 17.00 WIB.

Lomba bernyanyi dimenangkan oleh Gretala Teresia dari SMA Negeri 3 Pekanbaru, stand terbaik diraih oleh “Es Sabu Asli Pekanbaru” produk dari Mahasiswa FEB Unilak, untuk lomba mobil legend dimenangkan oleh Tim FIA X FEB. Bazar Entrepreneur kali ini merupakan agenda pertama, harapannya ini bisa menjadi agenda rutin tahunan dan lebih meriah lagi dengan 3 hari kegiatan. *Rls

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button