Fasilkom Unilak  Gelar Seminar PKL bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

Bagikan :

Cakrawalatoday.com — Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru melaksanakan seminar Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi seorang mahasiswa bernama Imam Maulana, Selasa lalu (18/1/2022).

Mahasiswa angkatan 2018  itu melakukan penelitian dengan topik tentang perancangan sistem informasi persediaan barang pada sebuah perusahaan. Ada yang istimewa pada seminar PKL kali ini, yang mana Imam Mulana adalah seorang mahasiswa ‘berkebutuhan khusus’, namun dapat mengambil PKL tepat pada waktunya.

Walaupun ada keterbatasan dalam mendengar dan berbicara, namun semangat juangnya telah membuktikan bahwa dia mampu untuk berkompetisi dan menyejajarkan diri dengan teman-teman lainnya.

“Hal ini juga menjadi pembuktian bahwa Prodi Sistem Informasi dan Prodi Teknik Informatika serta program studi lainnya di Unilak merupakan tempat belajar bagi semua mahasiswanya termasuk mahasiswa yang berkebutuhan khusus,” ujar Syahtriatna D, dosen Fasilkom Unilak.

Pelaksanaan seminar PKL kali ini juga semakin istimewa, karena dalam pelaksanaan seminar, Prodi Sistem Informasi mengundang penguji tamu dari Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Hadir pada seminar ini Plt Kepala SLBN Pembina  Moelya Eko Suseno SKom MTi MPd, turut dihadiri Waka Humas SLBN Pembina Marini SPd, Manager Sentra Reny Sriyanti SPd yang juga merupakan tenaga pendidik bagi anak tuna rungu.

Dekan Fasilkom Unilak Fadrijal menyebut, keberadaan penguji tamu yang berkompeten dalam membina anak berkebutuhan khusus, menjadi penguat dan pelengkap bagi Prodi Sistem Informasi dalam melaksanakan proses seminar PKL kali ini.

“Kemampuan penguji tamu dalam menjembatani komunikasi dengan mahasiswa peserta seminar, membuat tim penguji yang lainnya dapat menggali lebih dalam potensi mahasiswa bersangkutan, di mana mahasiswa peserta seminar dapat menjelaskan secara baik terkait laporan PKL yang telah dibuatnya,” ujarnya.

Selesai pelaksanaan kegiatan seminar, Moelya Eko Suseno yang juga merupakan alumni Fasilkom Unilak melakukan pertemuan dengan Wakil Rektor I Zamzami MKom, bersama Dekan Fasilkom Fadrijal, Wakil Dekan I Ahmad Zamsuri, Ketua Prodi TI Dr Yogi Yunefri MKom, dan Ketua Prodi SI Afriansyah MKom.

Pertemuan tersebut membahas rencana tindak lanjut kerja sama antara Fasilkom Unilak dengan SLBN Pembina Kota Pekanbaru. Di antaranya adalah bagaimana mengelola kurikulum di tingkat sekolah sehingga nantinya siswa berkebutuhan khusus yang menjadikan Fasilkom Unilak sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan, sudah memiliki persiapan dan kemampuan awal untuk mengikuti perkuliahan.

Pertemuan dua institusi ini diharapkan mampu memberikan sebuah kolaborasi dan menghasilkan sebuah solusi serta menjadi harapan bagi siswa berkebutuhan khusus untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (Rls/Abs)

Print Friendly, PDF & Email

BERITA TERKAIT

Ada Diskon Uang Pengembangan, 12 Jurusan di Unilak Ini Cocok Bagi Lulusan SMK

Redaksi

Jadi Pembicara Diskusi BEM Se-Riau, Kapolda Sampaikan Peranan Polri

Redaksi

Prodi Bisnis Digital Hadir di Unilak, Peluang Kerja dan Masa Depan Cerah

Redaksi

Tokoh-Tokoh Riau Dikukuhkan di Yudisium XIV, Pascasarjana Unilak Semakin Dipercaya Masyarakat

Redaksi

Dua Mahasiswa Asal Thailand Raih Gelar Sarjana FIB Unilak, Rektor Tawarkan Beasiswa untuk Anak-Anak Pattani

Redaksi

Saksikan Puluhan Karya Desain Mahasiswa Unilak yang Ditampilkan di “Lorong Temu”

Redaksi