Gubernur Riau Syamsuar melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kuantan Singingi, Ahad (9/1/2022). (foto: mediacenterriau)

Kunker ke Kuansing, Gubernur Riau Kumpulkan Petani dan Pengusaha Karet

Bagikan :

Cakrawalatoday.com – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) bersama Kelembagaan Tani Komoditi Karet se-Provinsi Riau, Ahad (9/1/2022).

Kunjungan Gubri ke Asosiasi Petani Karet Kuantan Singingi (Apkarkusi) berlangsung di Desa Lubuk Terentang, Kecamatan Gunung Toar. Bertujuan untuk saling bertukar pengalaman agar memiliki kekompakan dengan harapan mendapatkan harga karet yang layak.

“Pada pertemuan ini kita bawa petani-petani karet se Riau hadir di sini untuk bertukar pengalaman yang dirasakan semua daerah,” Kata Syamsuar saat diwawancarai usai Workshop Industri Hilir Karet Apkarkusi.

Tujuan lainnya yaitu agar masyarakat tetap mempertahankan tanaman karet dan tidak tergiur atau tertarik dengan tanaman sawit, mengingat tidak menutup kemungkinan harga sawit juga bisa sewaktu-waktu mengalami penurunan harga.

“Memang saat ini harga sawit tinggi. Namun, kita juga ingin usaha karet ini dipertahankan. Dengan demikian kita juga harus memikirkan bagaimana nasib petani karet ini dan mendapatkan harga yang layak dari kondisi saat ini,” ucapnya.

Gubri menyarankan agar tanaman karet yang menjadi usaha dan pendapatan masyarakat setempat dapat dipadu serasikan dengan tanaman lain. Misalnya dengan tanaman jernang bisa juga budidaya madu lebah dan usaha lainnya.

“Untuk itu kami ingin mengajak petani ini selain mendapatkan hasil dari pertanian karet juga dapat penghasilan yang lebih sehingga mungkin nantinya bisa setara dengan petani penghasil sawit,” ajaknya.

Syamsuar juga melakukan peninjauan hasil dari Koperasi Apkarkusi diantaranya ban truk vulkanisir, ban motor, tapak sepatu, seal LPG, foot step, hand grip, dan sebagainya.

Gubri dalam kunjungan kerjanya didampingi Kepala Balai Riset dan Standardisasi Industri (Baristand) Palembang Syamdian, Disperindagkop Provinsi Riau Taufik OH, Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby. Turut hadir perwakilan pengusaha karet Seprovinsi Riau, serta tamu undangan lainnya. (MCR)

Print Friendly, PDF & Email