Kepala Disdik Pekanbaru Ismardi Ilyas, saat memantau belajar tatap muka terbatas di salah satu SMP negeri, Kamis (9/9/2021). (Pekanbaru.go.id)

Sekolah di Kecamatan Zona Merah di Pekanbaru Diizinkan Belajar Tatap Muka

Bagikan :

Cakrawalatoday.com – Sekolah-sekolah di Kota Pekanbaru, Riau sejak awal pekan ini mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). Meskipun masih dilaksanakan secara terbatas dan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

PTM terbatas itu juga dilaksanakan sekolah yang berada di kecamatan yang masih berstatus zona merah sebaran Covid-19. Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru menyatakan, sekolah yang kini masih berada di wilayah kecamatan zona merah sebaran wabah covid juga diizinkan belajar tatap muka secara terbatas.

Saat ini, derdasarkan pemetaan yang dilakukan Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru, ada 4 kecamatan yang masih berstatus zona merah. Keempatnya adalah Kecamatan Binawidya, Payung Sekaki, Senapelan, dan Sukajadi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas menyebutkan, izin belajar tatap muka di kecamatan zona merah sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 37 Tahun 2021, dan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri yakni Menteri Dalam Negeri, Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Menteri Agama.

Dalam Inmendagri dan SKB tersebut, terang dia, kebijakan belajar tatap muka tidak lagi didasarkan pada sebaran wabah per kecamatan, tapi sesuai dengan zona/status daerah yang ditetapkan pusat.

“Jadi sekarang ini kita sesuai dengan Inmendagri Nomor 37 Tahun 2021 dan SKB menteri itu, yang dilihat itu level daerah. Saat ini, kita (Pekanbaru) sudah berada di level tiga (zona oranye),” ungkapnya, Jumat (10/9/2021), dilansir pekanbarugoid.

Namun sebelum melangsungkan belajar tatap muka, lanjut Ismardi, pihak sekolah wajib mengajukan permohonan terlebih dahulu ke Dinas Pendidikan dan melengkapi fasilitas protokol kesehatan.

Setelah ada permohonan dari sekolah, Dinas Pendidikan akan menurunkan tim guna memeriksa fasilitas prokes. Dari hasil peninjauan baru akan dikeluarkan rekomendasi izin belajar tatap muka kepada sekolah bersangkutan.

“Siapa (sekolah) yang sudah kita rekomendasikan, silahkan buka (belajar tatap muka),” tutupnya. (*/Abs)

Print Friendly, PDF & Email