Gelar Wisuda, Rektor Unilak Jabarkan Prestasi dan Kemajuan di Masa Pandemi

Bagikan :

Cakrawalatoday.com — Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau, menggelar Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana LXII dan Pascasarjana XII, di hotel Labersa, Kabupaten Kampar, Rabu (7/4/2021).

Sidang Senat terbuka dipimpin Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum. Hadir Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji Prof Dr Ir Irwan Effendi, Wakil Rektor I Zamzami SKom MKom, WR II Hardi SE MM, WR III Dr Bagio Kadaryanto SH MH, Direktur Pascasarjana Prof Dr Syafrani MSi, serta anggota Senat Universitas.

Sidang diawali dengan pembacaan ayat suci AlQuran dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Usai dilakukan pelantikan wisudawan oleh Rektor, dilanjutkan dengan pemindahan kuncir yang diawali oleh rektor dan wakil rektor I kepada pemuncak Wisuda S1 dan S2. Setelah itu, pemindahan kuncir dilanjutkan dekan masing-masing fakultas.

Dalam wisuda LXII ini, Unilak meluluskan sebanyak 681 Sarjana strata satu dan 77 Pascasarjana. Dengan rincian: Fakultas Ilmu Administrasi 47 sarjana, Fakultas Ekonomi 168 sarjana, Fakultas Teknik 45 sarjana, Fakultas Pertanian 80 sarjana, Fakultas Hukum 104 sarjana, Fakultas Ilmu Budaya 41 sarjana, Fakultas Kehutanan 20 sarjana, Fakultas Ilmu Komputer 85 sarjana, FKIP 91 sarjana, dan Program Magister sebanyak 77 sarjana.

Rektor dalam sambutannya menyebutkan bahwa selama pandemi Unilak berkomitmen untuk membantu dan melayani studi mahasiswa agar dapat selesai tepat waktu. “Berbagai inovasi dan layanan akademik telah diberikan dalam rangka mendukung studi mahasiswa, di antaranya dengan penggunaan teknologi blended learning, zoom, dan aplikasi lainnya. Selama pandemi Covid terjadi peningkatan layanan berbasis digital, baik studi maupun E-office, Alhamdulillah semua berjalan dengan baik,” katanya.

Rektor juga menjabarkan berbagai prestasi yang diraih Unilak, seperti mahasiswi Fasilkom Unilak atas nama Lidwina Harefa yang meraih medali perak cabang panahan dalam Kejuaraan Nasional di Padang, mahasiswa Fasilkom atas nama Syahbanu Ahmad meraih juara II desain grafis pada Temu Nasional Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional di Aceh.

Unilak juga mampu mempertahankan akreditasi Prodi Magister Manajemen dan Prodi Sastra Daerah/Melayu.

Kemudian, dosen Unilak berhasil diterima kuliah Doktor di Inggris. Dan dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digagas Menteri Nadiem Makarim, Prodi Kehutanan Unilak berhasil mendapatkan hibah dari Kementrian Pendidikan. 

“Tentunya ini capaian yang membanggakan bagi Unilak. Capaian ini menjadi semangat kami untuk percepatan Unilak Unggul. Masa pandemi lebih dari setahun bukan menjadi halangan tapi justru menjadi motivasi bagi Unilak untuk terus maju,” ujar Rektor.

“Selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi, dan semoga ilmu yang diraih memberikan manfaat sebesar-besarnya dalam karir dan kehidupan. Saya mendorong wisudawan untuk dapat melanjutkan studi Pascasarjana dan bisa memilih di Unilak. Terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan Unilak sebagai bagian perjalanan akademik,” sambung Rektor.

Sebagai bentuk penghargaan Unilak, di wisuda ini, orang tua/pendamping turut maju ke depan untuk mendampingi wisudawan ikut sesi foto. Ini adalah hal baru dalam wisuda di Unilak

“Kami ingin memberikan sesuatu yang spesial bagi orang tua/pendamping. Mesti kondisi Covid, kebahagiaan tetap dapat dirasakan,” ujar Rektor.

Sementara, Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji Prof Irwan Effendi mengucapkan selamat kepada para wisudawan, “Selamat kepada Anda, selamat kepada keluarga, selamat untuk Unilak dan dosen,” ujarnya saat memberikan sambutan.

“Wisudawan adalah wajah Unilak di masyarakat. Dan, Alhamdulillah, lulusan Unilak berhasil di mana-mana. Dan mahasiswa Unilak hampir sebelas ribu, itu bentuk kepercayaan masyarakat. Maka jaga nama baik Unilak, dan bantu untuk memperkenalkan Unilak di masyarakat,” ungkap Prof Irwan.

Gubernur Riau Drs Syamsuar yang memberikan sambutan lewat video turut mengucapkan selamat kepada wisudawan. “Semoga ilmu yang diperoleh bermanfaat seluas-luasnya. Saya berharap wisudawan juga mampu menciptakan lapangan kerja,” ucapnya.

Informasi, untuk pemuncak wisuda dari Fakultas Ilmu Komputer diraih Amelia Ramadhan dengan IPK 3,96, FKIP diraih Tatum Derin IPK 3,94, Fakultas Ilmu Administrasi Arizal IPK 3,83, Fakultas Ekonomi diraih Ramadani Yulti Fadli IPK 3,74.

Fakultas Teknik diraih M Aris Sandopa IPK 3,60, Fakultas Pertanian Marisi Enjelina IPK 3,90, Fakultas Ilmu Budaya Rizqa Harumanti IPK 3,88, Fakultas Ilmu hukum Taupik Hidayat IPK 3,86, Fakultas Kehutanan Oldri Ristiani IPK 3,53, dan program Pascasarjana diraih Annisa Indrasari IPK 4.

Pelaksanaan wisuda Unilak berlangsung sangat singkat.  Pukul 10.30 WIB para wisudawan, pendamping telah meninggal ballroom hotel. Untuk menghindari kerumunan, pelaksanaan wisuda digelar selama dua hari. Seluruh undangan, panitia, dan senat wajib menggunakan masker, dicek suhu tubuh, duduk berjarak, dan waktu pelaksanaan wisuda persingkat. Di lokasi hotel petugas kesehatan turut berjaga, pembersih tangan pun tersedia,

Unilak adalah perguruan tinggi yang berdiri sejak tahun 1982 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji. Saat ini Unilak telah memiliki 9 fakultas dengan 19 prodi S1, dan 2 prodi Pascsarjana yang telah berakreditasi A dan B dari BAN PT. Sejak berdiri, Unilak telah meluluskan sebanyak 28.226 sarjana S1 dan 768 Sarjana Strata dua, dosen Unilak berjumlah 290, dengan 49 di antaranya bergelar Doktor, dan 2 orang bergelar Profesor.**

BERITA TERKAIT

Wisuda Bersamaan, Suami Istri ini Raih Gelar Magister Manajemen dari Universitas Lancang Kuning

Redaksi

PCR Kukuhkan 391 Wisudawan Generasi PASTI, 10 Persen Telah Diterima Bekerja

Redaksi

Pertama di Riau, Unilak Gelar Wisuda Secara Drive Thru

Redaksi