GUbernur Riau Syamsuar menemui Manteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo. (foto: mediacenter.riau)

Usulan Food Estate Pemprov Riau Disambut Baik Kementan RI

Bagikan :

Cakrawalatoday.com — Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan telah menyampaikan usulan-usulan kepada Menteri Pertanian dalam rangka pembangunan Food Estate di Provinsi Riau.

Untuk informasi, Food Estate adalah sebuah program jangka panjang pemerintahan Indonesia, yang berguna untuk menjaga ketahanan pangan dalam negeri. Program Food Estate ini memiliki konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan dalam suatu kawasan tertentu.

“Kami telah mengajukan permohonan kepada beliau di mana kami telah menyiapkan lahan seluas tiga puluh ribu hektar lebih dengan harapan kiranya juga di Riau bisa dibangun food estate,” kata Syamsuar di Kantor Kementan RI Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Alhamdulillah, Menteri Pertanian sangat senang sekali dan menyambut baik atas usulan yang telah disampaikan. Bahkan Menteri Pertanian menugaskan Dirjen dan kepala Litbang dalam rangka untuk mendukung program yang telah kita usulkan ini, apalagi saat ini provinsi Riau juga butuh peningkatan produksi padi di Riau,” tambahnya.

Syamsuar menjelaskan, Menteri Pertanian minta kepada Dirjen dan Litbang agar segera ditindaklanjuti dan nantinya dari Pemprov Riau juga akan langsung berkomunikasi dengan pejabat-pejabat yang telah ditunjukkan agar food estate dapat direalisasikan dalam waktu yang tidak begitu lama.

Kementan Segera ke Riau

Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo menyambut baik rencana pengembangan Food Estate di Provinsi Riau. Bahkan pihaknya langsung menginstruksikan pejabat terkait di Kementan untuk turun ke Negeri Lancang Kuning.

“Alhamduillah Pak Mentan senang dan menyambut baik rencana pengembangan Food Estate di Riau,” ucap Gubernur Riau Syamsuar.

Riau sendiri sudah menyiapkan lahan seluas 30.294 ha yang tersebar di Indragiri Hilir, Rokan Hilir dan Pelalawan. Rencananya tidak hanya ditanam padi, tapi juga tanaman holtikultura seperti jagung, kencur, nenas, manggis, dan lainnya yang memiliki nilai ekonomis.

“Pak Mentan tadi bahkan langsung menugaskan Dirjen dan Kepala Litbang untuk segera ke Riau melakukan survei. Sehingga nanti bisa dipastikan berapa lahan yang diperlukan,” ulas Gubri lagi.

Selain untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani, pengembangan Food Estate ini juga bagian dari upaya Pemprov Riau mendukung program nasional. Khususnya meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Sejak 2019, lahan pertanian di Riau terus mengalami peningkatan. Sebelumnya luas lahan pertanian sekira 5.000 ha. Sementara saat ini sudah mencapai 7.500 ha.**

Sumber: mediacenter.riau

BERITA TERKAIT

Tujuh Pelamar Daftar Calon Sekdaprov Riau

Redaksi

Cagar Biosfer Terbakar Lebih 100 Hektare, Kepala BBKSDA Riau: Ini Jelas Perbuatan Manusia

Redaksi

BPBD Riau Siagakan Ribuan Anggota Satgas Darat Antisipasi Karhutla

Redaksi

Riau Siapkan Lahan untuk Program Ketahanan Pangan

Redaksi

Gubernur Riau Sebut Pariwisata Riau Sangat Menjanjikan

Redaksi

Kuatkan Sektor Pariwisata, Dispar Riau Lakukan Pembinaan Destinasi

Redaksi