Sejarah Bagi FH Unilak, Jalin Kerjasama Dengan IDI Riau

Bagikan :

Cakrawalatoday.com — Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Riau dan Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning (Unilak) menciptakan sejarah baru dalam dunia pendidikan khususnya di Riau. Sejarah itu berupa dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara dua institusi dalam dunia pendidikan dan kesehatan.

MoU ini dilatarbelakangi dengan keinginan kuat dari IDI Riau dan Fakultas Hukum Unilak untuk membantu masyarakat dalam mewujudkan dan memajukan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berkaitan dengan pengajaran, pengabdian, penelitian, serta pendampingan hukum.

Penandatanganan MOU dilakukan di Sekretariat IDI Riau di RS Awal Bros Pekanbaru, antara Dekan Fakultas Hukum Unilak Dr Fahmi SH MH dengan ketua IDI RIAU Dr Zul Asdi SPB MKes.

Sebelum pelaksanaan MOU, dua institusi ini saling berdiskusi dan memperkenalkan diri tentang IDI dan FH Unilak. Penandatanganan MOU berlangsung lancar dan cepat, dan disaksikan oleh wakil dekan III Afriansyah SH.MH, sementara dari IDI Riau hadir bendahara dan pengurus lainya.

Dekan Fakultas Hukum Dr Fahmi yang dihubungi Rabu (3/3/2021) mengatakan, MoU ini menjadi sejarah penting dan kabar bahagia bagi Civitas Akademika FH Unilak.

“Dikarenakan dalam menjalankan tugasnya sebagai dokter, anggota IDI Riau pasti mempunyai risiko atau mengalami masalah hukum. Untuk itu, dengan adanya kerjasama ini maka IDI Riau akan menunjuk pengacara dari Tim LBH Fakultas Hukum Unilak yang menjadi kuasa hukum dan mendampingi para dokter selama dalam pemeriksaan dan persidangan,” terang Fahmi.

Disebutkan, ini merupakan bentuk kepercayaan yang diberikan oleh IDI Riau kepada Fakultas Hukum. Selama ini LBH FH Unilak sudah bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM dalam memberikan bantuan hukum terhadap masyarakat yang tidak mampu. Demikian pula di Pengadilan Agama Pekanbaru LBH FH Unilak juga ditunjuk untuk mendampingi masyarakat yang tidak mampu. Hal itu membuktikan keberadaan FH Unilak sudah dipercaya karena LBH FH Unilak satu-satunya LBH dari perguruan tinggi di Riau yang mendapatkan akreditasi dari Kementrian Hukum dan HAM RI.

“FH Unilak membuka diri untuk bekerjasama dengan pihak lainya dalam rangka memajukan pendidikan dan masyarakat di Riau,” sebut Fahmi.

Sementara Ketua IDI Riau Dr Zul Asdi mengucapkan syukur telah dilakukan kerjasama dengan fakultas hukum Unilak. Menurutn dia, sebenarnya IDI Riau juga telah MoU dengan Unilak dan Pascasarjana Unilak, bahwa profesi dokter dalam beraktivitas(bekerja) juga perlu perlindungan hukum dan perlu  memahami aspek hukum.

“Kerjasama juga bisa berkaitan dengan seminar bersama, bisa penelitian bersama, bakti sosial bersama. Konteks kerjasama ini tentunya tentang keilmuan. Dengan adanya LBH ini tentu ketika ada dokter perlu bantuan hukum tentunya kami bisa berkonsultasi ke LBH Fakultas Hukum Unilak,” ujar Dr Zul Asdi.**

BERITA TERKAIT

Mahasiswa Fekon Unilak Olah Sampah Plastik Jadi Sofa Mini dan Paving Blok

Redaksi

Prodi Kehutanan Unilak Lolos Hibah Program CoE Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Redaksi

Wisuda Bersamaan, Suami Istri ini Raih Gelar Magister Manajemen dari Universitas Lancang Kuning

Redaksi

Wakil Rektor III Unilak Terpilih Sebagai Ketua Forkomawa Wilayah Riau

Redaksi

Lebih dari 30 Persen Dosen dan Pegawai Unilak Telah Divaksinasi Covid-19

Redaksi

Ketua Komisi IV DPRD Riau Raih Gelar Magister Manajemen, Pascasarjana Unilak Semakin Diminati Masyarakat

Redaksi