Ketua Kwarda Riau H M Azaly Djohan memasang tanda jabatan Mabicab kepada Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru H Firdaus.

Ketua Kwarda Riau Lantik Wali Kota Pekanbaru sebagai Ketua Mabicab

Bagikan :

Cakrawalatoday.com – Ketua Kwartir Daerah Pramuka Riau H M Azaly Djohan secara resmi melantik Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru masa bakti 2020-2025, yang diketuai oleh Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kwarda Riau nomor 18 tahun 2020 tentang Majelis Pembimbing Cabang dan Dewan Penasehat Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru masa bakti 2020-2025.

Pelantikan dilaksanakan secara langsung dan daring, menerapkan protokol kesehatan, pada Kamis (3/12/2020) di Aula Kantor Wali Kota Pekanbaru, Lantai VI Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru, Tenayan Raya.

Selain pelantikan Mabicab, juga dilaksanakan pelantikan Pengurus Kwartir Cabang Pekanbaru, dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Pekanbaru masa bakti 2020-2025 oleh Wali Kota Pekanbaru selaku Ketua Mabicab. Serta pelantikan Dewan Kehormatan dan Satuan Pengawas Internal Kwartir Cabang Kota Pekanbaru masa bakti 2020-2025 oleh Ketua Kwarcab Pekanbaru.

Ketua Kwarcab Pekanbaru Masykur Tarmizi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kwarcab Pekanbaru masa bakti 2020-2025 merupakan kepengurusan hasil Musyawarah Cabang XI yang dilaksanakan pada 8 Februari 2020, dan selanjutnya kepengurusan dikukuhkan oleh Kwartir Daerah Riau melalui Surat Keputusan nomor 20 tahun 2020. Dan hingga akhirnya kepengurusan ini dilantik oleh Ketua Mabicab Kota Pekanbaru.

“Situasi pandemi covid-19 yang melanda Indonesia beberapa saat setelah Musyawarah Cabang dilanjutkan dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar menyebabkan aktivitas Kwartir Cabang Kota Pekanbaru harus dilakukan penyesuaian. Selama pandemi ini, Kwarcab telah melaksanakan berbagai kegiatan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, antara lain berbagi sembako di bulan Ramadhan kepada Fungsionaris Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru pada 17-20 Mei 2020, Rapid Test Massal di Kantor Kwarcab pada 26 Juni 2020, pembagian masker, Kursus Orientasi Pembina yang dilaksanakan 2 gelombang, dan Latihan Pengembangan Kepemimpinan bagi Pramuka Penegak dan Pandega bekerjasama dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Pekanbaru. Dan pada 22 Desember 2020 akan dilaksanakan Kursus Pengelola Dewan Kerja.

“Kami memandang sangat penting fungsi Majelis Pembimbing, untuk itu kami sangat membutuhkan nasehat, dukungan moril dan materil serta bimbingan. Setelah Kwarda Riau mengukuhkan kami melalui Surat Keputusan kami telah melakukan audiensi dengan Pimpinan Majelis Pembimbing dimulai dari Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Kepolisian Resort Pekanbaru, Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Kepala Dinas Pers Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Komandan Batalion 13 PBY Kodam I Pekanbaru, dan Komandan Batalion Komando 462 Paskhas. Kami mohon maaf untuk beberapa Anggota Mabicab yang belum kami minta saran pendapatnya” tambah beliau.

Ketua Kwarda Riau H M Azaly Djohan melantik Wali Kota Pekanbaru H Firdaus sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru masa bakti 2020-2025 pada Kamis (3/12/2020).

“Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan Mabicab dalam upaya memberikan dukungan rehab Kantor Kwarcab, semoga tahun 2021, program rehab kantor ini dapat diteruskan. Semoga kepengurusan Kwarcab Kota Pekanbaru masa bakti 2020-2025 dapat menjalankan amanah besar dalam pembinaan generasi muda ini dengan baik. Semoga kami dapat mendukung program-program pemerintah khususnya Pemerintah Kota Pekanbaru yang dicanangkan oleh Ketua Mabicab,” ungkap Masykur.

Ketua Mabicab Kota Pekanbaru H Firdaus dalam sambutannya mengucapkan selamat bertugas dalam mengemban amanah yang telah dititipkan kepada pengurus yang baru. Ia juga mengucap terimakasih kepada Ketua Kwarda Riau beserta jajaran.

“Hari ini kita menyaksikan bersama bahwa pelantikan Majelis Pembimbing Cabang, Dewan Penasehat, Lembaga Pemeriksa Keuangan, Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru masa bakti 2020-2025 yang merupakan hasil Musyawarah Cabang yang telah berlangsung secara demokratis. Diharapkan ini sebagai titik awal bangkit kembali pelaksanaan tugas-tugas kepengurusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru masa bakti 2020-2025,” kata dia.

Sementara, Ketua Kwarda Riau H M Azaly Djohan berharap pelantikan ini merupakan momentum bagi pengurus dalam menjalankan amanah Musyawarah Cabang.

“Melihat tekad dan semangat Kakak-kakak yang dilantik pada hari ini, saya berkeyakinan Kakak-kakak yang diberikan amanah dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab membina dan mengembangkan Kwarcab Kota Pekanbaru lima tahun ke depan. Apalagi Kwarcab Kota Pekanbaru merupakan barometer bagi daerah-daerah lain dalam pembinaan dan pengembangan kepramukaan di daerah Riau,” jelas Azaly.

“Namun di sisi lain, sebagai sebuah kota metropolis, Kota Pekanbaru tidak terlepas dari berbagai-berbagai masalah generasi muda seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas dan lainnya, sehingga hal tersebut merupakan suatu tantangan bagi kita semua agar anak-anak muda kita tidak terjerumus lebih dalam kepada penyakit masyarakat tersebut,” tambah Azaly.

Menurut Kakwarda, keberhasilan pendidikan kepramukaan, terutama di daerah-daerah tidak terlepas dari dukungan Majelis Pembimbing dan seluruh komponen masyarakat yang bertanggungjawab terhadap moral dan akhlak generasi muda. Untuk itu ia mengharapkan perhatian dan dukungan yang lebih baik dari Majelis Pembimbing dan juga seluruh komponen masyarakat.

Ia juga meminta pengurus yang dilantik bisa menyatukan langkah serta visi dan misi dalam membina dan mengembangkan kepramukaan, terutama Pengurus Kwartir Cabang sebagai ujung tombak dalam menjalankan program kerja dan kegiatan kepramukaan di Kota Pekanbaru.

“Anggota Pramuka kita sangat banyak, mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega, namun belum tertata dan terdata dengan baik, sehingga memerlukan usaha dan kerja keras kita semua agar dapat menjalankan program-program kegiatan yang teratur, terarah dan tentunya berkualitas. Tugas ini memang berat, apalagi kita berhadapan dengan situasi wabah pandemi covid-19 yang tidak saja berimbas kepada kesehatan, perekonomian dan juga tentunya dunia pendidikan termasuk pendidik kepramukaan. Dibutuhkan ide-ide yang kreatif dan inovatif agar Kakak-kakak dapat menjalankan program kerja pendidikan kepramukaan di tengah-tengah pandemi covid-19, yang intinya, bagaimana kegiatan-kegiatan kepramukaan tetap berlangsung dengan mentaati protokol kesehatan,” tambah beliau.

“Selamat menjalankan tugas kepada Kakak-kakak yang baru dilantik, semoga Pramuka menjadi jaya di kota yang kita banggakan” tutup Azaly.

Hadir dalam pelantikan Ketua Harian Kwarda Riau H.OK. Nizami Jamil, Wakil Ketua Kwarda Riau H Jasri Akamuddin, Sekretaris Kwarda Riau Indra Irianto, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Pekanbaru, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, dan undangan lainnya.**

Rilis/Adv

Print Friendly, PDF & Email

BERITA TERKAIT

Resmi Dilantik, Kamabicab ‘Titipkan’ Generasi Pramuka ke Pengurus Kwartir Cabang Pekanbaru Priode 2020-2025

Redaksi

Susun Program Kerja 2021, Kwarda Riau Selenggarakan Rakerda

Redaksi

Buka Sidparda Riau 2020, KaKwarda Harapkan Dewan Kerja Susun Program Sesuai Kondisi Terkini

Redaksi

Ketua Kwarda Riau Lantik Mabicab Pramuka Bengkalis Masa Bakti 2020-2025

Redaksi

Kwarda Riau Perdana Selenggarakan Rakor Binawasa dengan Pusdiklat se-Daerah Riau

Redaksi

Peringati Sumpah Pemuda, Kwarda Riau Adakan Webinar Nasional Kepramukaan

Redaksi