Chevron-Unilak Lakukan Pelatihan Marketing Online dan K3 Bagi Bank Sampah Pematang Pudu Bersih

Bagikan :

Cakrawalatoday.com – PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) bekerjasama dengan Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru mengadakan pelatihan marketing online pada tanggal 22 September 2020 dan pelatihan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) pada tanggal 29 September 2020 di Bank Sampah Pematang Pudu Bersih (BS PPB) Duri Kecamatan Mandau. Pada pelatihan ini juga mengundang Peserta dari Bank Sampah Indah Bathin Solapan, mitra BS PPB. Dalam  pelaksanaan pelatihan ini menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjadi penyebaran Covid-19.

PT CPI menggandeng Universitas Lancang Kuning, pelatihan ini merupakan lanjutan dari pelatihan sebelumnya. Para peserta terlebih dahulu telah mengikuti beberapa pelatihan, di antaranya pembuatan pupuk kompos dan pembuatan paving block. Adapun pelatihan marketing online bertujuan untuk meningkatkan skill dari pengelola bank sampah agar dapat mempromosikan produk-produk bank sampah secara online.

Kemudian dalam pelatihan K3, lebih fokus pada usaha keselamatan kerja agar meminimalisir resiko kebakaran karena barang-barang yang ada pada bank sampah sangat mudah terbakar, seperti kertas, plastik, dan kardus. Sehingga perlu langkah-langkah pencegahan untuk menghindari terjadinya kebakaran dengan cara memperhatikan sambungan listrik dan penggunaan kabel-kabel listrik yang harus sesuai standar.

Dalam pelaksanaannya, para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Selain praktik membuat kemasan yang baik, mereka juga diajarkan untuk melakukan promosi tepat sasaran melalui media online seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, serta aplikasi Sonjak yang diciptakan oleh mahasiswa Unilak.

Lambas, salah satu peserta pelatihan yang juga ketua BS PPB mengatakan, pihaknya sangat senang dengan pelatihan yang mereka dapatkan. Menurutnya, hal ini memang sangat dibutuhkan di tengah kondisi pandemi. “Kami sangat terbantu adanya pelatihan marketing online yang diberikan. Mempromosikan produk bank sampah di masa pandemi adalah cara terbaik yang dapat dilakukan,” ucapnya.

Secara terpisah, General Manager Corporate Affairs Asset Sukamto Tamrin menjelaskan, pelatihan tersebut dapat stimulus peserta untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas mereka.

“Dengan penurunan interaksi tatap muka selama pandemi COVID-19, semakin penting bagi usaha kecil menengah seperti bank sampah untuk terhubung dengan pelanggan mereka, dan pelanggan potensial, melalui media digital. Pemasaran digital yang efektif akan sangat membantu usaha ini untuk bertahan dalam masa pandemi. Melalui Kegiatan pelatihan yang kami hadirkan Bersama Universitas Lancang Kuning, kita harapkan dapat mendorong daya kreatifitas dan inovasi para peserta untuk terus meningkatkan produktifitasnya,” ungkap Sukamto.

Program pengelolaan bank sampah merupakan salah satu program investasi sosial PT CPI di bidang lingkungan dan pemberdayaan ekonomi. Program Bank Sampah sendiri telah berjalan sejak tahun 2015, yang dimulai dengan proyek pilot di Kelurahan Pematang Pudu, Mandau, Bengkalis, yang dikelola melalui kelompok usaha berbasis lingkungan Bank Sampah Pematang Pudu Bersih.

Program ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat agar berpartisipasi dalam pengelolaan limbah rumah tangga dan penanganan masalah sampah di wilayah Pematang Pudu. Program investasi sosial PT CPI lainnya di bidang lingkungan antara lain konservasi mangrove bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN); konservasi gajah bersama Perkumpulan Gajah Indonesia (PGI); Program Desa Peduli Api di Siak dan Rokan Hilir bekerja sama dengan Badan Restorasi Gambut (BRG).

PT CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai operasi PT CPI di Indonesia dapat diakses melalui www.indonesia.chevron.com .**

Rilis

Print Friendly, PDF & Email

BERITA TERKAIT

Kerjasama dengan PDGI Riau, Rektor Unilak: Ini Kebanggaan Bagi Kami

Redaksi

Mahasiswa Apresiasi Kinerja Rektor Unilak Selama Pandemi

Redaksi

Lomba Film Dokumenter dan Fotografi Sempena Milad FIB Unilak Berakhir, Ini Pemenangnya

Redaksi

Unilak Terima Bantuan Mobil Operasional dari Bank Riau Kepri

Redaksi

Pascsasarjana Unilak Gelar Seminar Nasional Mengangkat Tema Omnibus Law Cipta Kerja

Redaksi

Dosen Unilak Olah Urine Ternak Jadi Pupuk Cair

Redaksi