Ketua Kwarda Riau Lantik Mabicab Pramuka Bengkalis Masa Bakti 2020-2025

Bagikan :

Cakrawalatoday.com – Setelah melaksanakan Musyawarah Cabang pada tanggal 12 s.d 14 September 2020 yang lalu, Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Bengkalis masa bakti 2020-2025 yang diketuai oleh Penjabat Bupati Bengkalis H. Syahrial Abdi resmi dilantik oleh Ketua Kwarda Riau H.M. Azaly Djohan pada Senin sore, 16/11/2020 bertempat di Bumi Perkemahan Pawang Perkasa Bengkalis. Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Riau nomor 32 tahun 2020 tentang Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Bengkalis masa bakti 2020-2025.

Selain pelantikan Mabicab, juga dilaksanakan pelantikan Pengurus Kwartir Cabang Bengkalis dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Bengkalis masa bakti 2020-2025 oleh Penjabat Bupati Bengkalis selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Bengkalis, dan pelantikan Pengurus Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Bengkalis masa bakti 2020-2025 oleh Ketua Kwartir Cabang Bengkalis.

Ketua Kwarcab Bengkalis H. Bustami HY dalam sambutannya menyampaikan “Saya secara pribadi mengucapkan terimakasih kepada seluruh pemangku kepentingan Gerakan Pramuka Bengkalis yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menerajui Kwartir Cabang Bengkalis, khususnya kepada Ketua Mabicab, Kak H. Syahrial Abdi. Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kak H.M.Azaly Djohan selaku Ketua Kwarda Riau dan Kak Indrawansyah yang mewakili Ketua Harian Mabida Riau yang telah berkenan hadir dan meluangkan waktu untuk bersama-sama dalam upacara pelantikan ini” kata beliau.

“Penataan Kwartir Ranting dan Gugusdepan, pembenahan dan mengaktifkan kembali Satuan Karya Pramuka, serta membentuk alat kelengkapan Kwartir adalah kegiatan prioritas yang kita dahulukan. Sasaran jangka pendek ini akan dapat dicapai jika seluruh pemangku kepentingan kompak bersama-sama bergerak dan saling dukung dengan satu tekad membawa Gerakan Pramuka Bengkalis menjadi lebih baik. Di bawah bimbingan Mabicab, besar harapan agar Kakak-kakak Pengurus Kwartir Cabang Bengkalis mampu bergandeng untuk merebut kembali predikat Kwartir Cabang Tergiat se- Provinsi Riau yang pernah kita raih selama tiga periode berturut-turut, dan yang paling penting dapat menjalankan rencana kerja Gerakan Pramuka Bengkalis 2020-2025 sebagaimana diamanahkan pada Musyawarah Cabang X Gerakan Pramuka Bengkalis”, harap beliau.

“Kepada adik-adik Pengurus Dewan Kerja Cabang Bengkalis masa bakti 2020-2025 yang baru saja dilantik, saya ucapkan selamat dengan harapan dapat mengemban amanat Musppanitera serta mampu menampung dan menyalurkan aspirasi Pramuka Penegak dan Pandega se-Kabupaten Bengkalis” tambah beliau.

Ketua Kwarda Riau H.M Azaly Djohan dalam sambutannya menyampaikan melihat tekad dan semangat Kakak-kakak yang dilantik pada hari ini, “saya berkeyakinan Kakak-kakak yang diberikan amanah dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab membina dan mengembangkan Kwarcab Bengkalis 5 tahun ke depan, apalagi Kwarcab Bengkalis tercatat pernah meraih Kwarcab Tergiat beberapa waktu yang lalu, yang membuktikan bahwa pembinaan dan pengembangan Kwarcab Bengkalis telah dilakukan dengan semaksimal mungkin, sehingga pendidikan kepramukaan di Bengkalis berjalan dengan baik”, kata Azaly.

Keberhasilan pendidikan kepramukaan, terutama di daerah-daerah tidak terlepas dari dukungan Majelis Pembimbing dan seluruh komponen masyarakat yang bertanggungjawab terhadap moral dan akhlak generasi mudanya. “Untuk itu saya mengharapkan perhatian dan dukungan yang lebih baik dari Majelis Pembimbing dan juga seluruh komponen masyarakat dalam mendukung kegiatan kepramukaan. Apalagi Majelis Pembimbing dan Kwartir Cabang dapat mendorong segenap Satuan Karya agar dapat menjalankan program-program Satuan Karya sehingga semakin diminati oleh generasi muda di Bengkalis”, tambah beliau.

 “Kepada Kakak-kakak yang dialntik pada hari ini, mari kita satukan langkah, satukan visi dan misi dalam membina dan mengembangkan kepramukaan di daerah yang kita cintai ini. Dibutuhkan ide-ide yang kreatif dan inovatif agar Kakak-kakak dapat menjalankan program kerja. Semoga Kakak-kakak yang diberi amanah dapat menjalankan tugasnya, sehingga anak-anak muda kita dapat kita bina untuk menjadi insan yang lebih baik dalam wadah pendidikan kepramukaan. Selamat bertugas dan Pramuka Bengkalis berjaya”, jelas Azaly Djohan.

Sementara Penjabat Bupati Bengkalis selaku Ketua Mabicab Bengkalis yang baru dilantik H Syahrial Abdi dalam sambutannya menyampaikan bahwa dulu Gerakan Pramuka Bengkalis pernah berjaya dan terbaik di Provinsi Riau. “Untuk itu, saya selaku Penjabat Bupati Bengkalis memastikan bagaimana caranya agar tidak terhambat sama sekali. Oleh karena itu, hadir kepada kami Kak Riza Pahlefi, Kak Bustami, Kak Fadhli melaporkan kondisi yang ada dan apa adanya, dan tentunya bangkit dari kerisauan ini kami perintahkan untuk segera lakukan pelantikan, kalau memang terjadi kevakuman selama ini sehingga karena kebetulan inilah akhir dari masa jabatan dan kita pastikan lima tahun ke depan meskipun bukan Syahrial Abdi lagi sebagai Bupati dan ini tetap berlaku karena secara ex-officio Ketua Mabicab dijabat oleh Bupati, mudah-mudahan tidak ada hambatan untuk bergerak depan”, kata beliau.

“Kemudian kami bersyukur dan terimakasih, ditanggapi dalam 3 hari saja oleh Kak Azaly beserta senior-senior kita dan  kita bisa melaksanakan pelantikan, mudah-mudahan apa yang kita lakukan diridhoi oleh Allah SWT”, tambah beliau.

“Karena Gerakan Pramuka pada hari ini dengan berbagai macam tantangan dan perkembangan zaman dan situasi covid-19 kita serba terbatas, oleh karena itu kita harus cari cara, kita harus rajin berkomunikasi, menyampaikan buah pikiran, gagasan-gagasan kita, terobosan dan inovasi, apapun itu kegiatan kita pastikan tetap berjalan”, ujar beliau.

“Untuk itu, kami berharap kepada Pengurus yang telah dilantik pertama kami ucapkan selamat kepada Kakak-kakak yang tergabung di Kwarcab dan adik-adik yang tergabung di DKC. Tadi kepada Lembaga Pemeriksa Keuangan saya berpesan agar tetap mengawasi dan tentunya membimbing bagaimana memastikan bahwa nantinya jika Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengganggarkan dan membantu Gerakan Pramuka tentunya kami menjadikan Lembaga Pemeriksa Keuangan sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Daerah tentunya bersama-sama mengawal kegiatan Pramuka ini. Kemudian kepada yang lainnya kami ucapkan selamat dan jaga amanah ini dan tentunya bersama-sama kita kembangkan Gerakan Pramuka di Kabupaten Bengkalis menuju Bengkalis yang lebih baik dan maju” harap Syahrial Abdi.

Hadir dalam pelantikan yakni Sekretaris Mabida Riau Kak Indrawansyah, Bendahara Mabida Riau Kak Amrin Am, Ketua Harian Kwarda Riau Kak H. OK. Nizami Jamil, Wakil Ketua Kwarda Riau bidang sarana dan prasarana Kak H. Jasri Akamuddin, Sekretaris Kwarda Riau Kak Indra Irianto, Forkompida Kabupaten Bengkalis dan undangan lainnya.**

BERITA TERKAIT

Kwarda Riau Perdana Selenggarakan Rakor Binawasa dengan Pusdiklat se-Daerah Riau

Redaksi

Peringati Sumpah Pemuda, Kwarda Riau Adakan Webinar Nasional Kepramukaan

Redaksi

Anggota Pramuka Riau Berkomunikasi dengan Pramuka dari 13 Negara Melalui Jota-Joti

Redaksi

Kwarda Riau Anugrahkan Tanda Penghargaan dan Lantik Organisasi Pendukung

Redaksi

Kwarda Riau gelar Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-59 Secara Virtual

Redaksi

Hari Pramuka, Kwarda Riau Adakan Ulang Janji dan Donor Darah

Redaksi