Begini Tips dari PFI Pekanbaru Biar Sukses di Virtual Photoshoot Besok

Bagikan :

Cakrawalatoday.com – Workshop virtual photoshoot dan kompetisi foto bertajuk “Keep Your Shutter ON During Pandemic” yang ditaja Pewarta Foto Indonesia Pekanbaru dan Asia Pacific Rayon (APR) akan digelar pada Sabtu (7/11/2020) besok. Ratusan peserta dari seluruh Indonesia sudah mendaftar.

“Animo peserta sangat tinggi karena yang sudah mendaftar berasal dari seluruh Indonesia.  Calon peserta sangat antusias karena ini merupakan hal yang baru, dan mendapat pengetahuan dan sekaligus ikut lomba. Sejak dibukanya pendaftaran pada 26 Oktober lalu, peserta yang mendaftar sudah 277 orang,” kata Koordinator Pendaftaran PFI Pekanbaru Virtual Photoshoot & Competition, Theo Rizky, di Pekanbaru, Jumat (6/11/2020).

“Jita masih buka pendaftaran di link http://bit.ly/pfivirtualphotoshoot, hingga Jumat sore dan akan ditutup Pukul 16.00 WIB,” katanya.

Untuk kegiatan utamanya akan berlangsung pada Sabtu besok, 7 November 2020, yang digelar secara virtual pada pukul 10.00 WIB. Panitia dari PFI Pekanbaru telah melakukan persiapan, cek dan ricek program aplikasi Zoom yang nantinya akan digunakan para peserta yang sudah mendaftar.

Peserta sudah terdaftar akan mendapat email dari PFI Pekanbaru berupa informasi ID dan Pass zoom meeting pada hari ini setelah penutupan pendaftaran pukul 16.00 WIB.

Berikut beberpa hal yang harus dipersiapkan peserta:

1. Perangkat (laptop, komputer, dan smartphone) untuk melakukan video call melalui aplikasi zoom baik model dan fotografer.

2. Pastikan koneksi internet berjalan baik. Kualitas gambar akan berpengaruh kepada koneksi internet.

3. Siapkan kamera dalam pengambilan layar saat video call, dan bukan tangkapan layar atau screenshoot.

4. Properti, menjadi pendukung dalam pemotretan virtual photoshoot, bisa jadikan foreground dalam pemotretan untuk mendapatkan efek.

5. Kreativitas. Walau hanya memotret layar monitor, kita bisa berkreatif lebih jauh lagi,  agar hasil foto kamu berbeda dengan foto yang lain.

Theo menjelaskan kegiatan akan diawali dengan sharing knowledge tentang virtual photoshoot dari pembicara fotografer profesional Michael Cools. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi pemotretan dengan Indah Kusuma sebagai model, dan dipandu oleh moderator Vivien Anjadi.  “Hasil foto peserta yang kemudian akan diperlombakan,” katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan kolaborasi PFI Pekanbaru dengan Asia Pacific Rayon (APR), produsen viscose rayon terintegrasi pertama di Asia mulai dari perkebunan hingga produk serat viscose. Selain itu, turut mendukung kegiatan ini Jakarta Fashion Hub.

“Kegiatan ini merupakan hal baru yang out of the box karena berbeda dari yang biasa PFI lakukan, dan kami mendukung hal ini sebagai inovasi dalam dunia fotografi pada saat pandemi, sehingga peserta tetap bisa mengikutinya dimana pun dia berada tanpa perlu berkerumun saat pemotretan,” kata Theo.

Adapun workshop dan lomba foto ini gratis untuk seluruh warga negara Indonesia. Panitiia menyiapkan  hadiah uang tunai untuk pemenang, dengan rincian Juara 1 Rp 3,5 juta, Juara 2 Rp 2,5 juta dan Juara 3 Rp1,5 juta. Sebanyak empat nominator nantinya juga akan mendapatkan hadiah menarik.**

Print Friendly, PDF & Email

BERITA TERKAIT

PFI Pekanbaru Hadirkan Pameran Foto Virtual Bertema Covid-19

Redaksi

Ratusan Fotografer Antusias Motret di Ajang Virtual Photoshoot PFI Pekanbaru dan APR

Redaksi

Seratusan Peserta dari Seluruh Indonesia Sudah Mendaftar PFI Pekanbaru Virtual Photoshoot Workshop & Competition

Redaksi