Mohammad Moralis

Wartawan Riau Mohammad Moralis Tutup Usia

Bagikan :

Cakrawalatoday.com – Kabar duka datang dari dunia pers Riau. Wartawan senior Mohammad Moralis meninggal dunia akibat Covid-19, Ahad (25/10/2020) sekitar pukul 11.30 WIB di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Moralis dirawat di rumah sakit sejak Senin (19/10).

Mengutip RiauMandiri.id, Moralis tutup usia di umur 46 tahun. Sebelum dimakamkan di TPU Tengku Mahmud, Palas, Rumbai Pekanbaru, jenazah almarhum dishalatkan dengan standar protokol Covid-19 di halaman RSUD Arifin Achmad. Pria asal Sungai Tarab Batusangkar, Sumatra Barat itu meninggalkan seorang istri dan seorang anak.

Di mata para sahabat dan rekan-rekannya, aktivis mahasiswa Riau 1998 ini dikenal sebagai sosok yang santun dan bersahaja. Ucapan duka cita datang dari rekan-rekan dan para sahabat, di antaranya dari Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar yang ditulis di laman Facebook-nya:

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun.

Saya mendapat kabar duka dari Riau. Telah berpulang Pemred Riaumandiri.id, yang juga Sekretaris SMSI Riau, Sdr Moralis.

Beliau salah satu mitra kerja KLHK. Kami kehilangan kolega kerja untuk Indonesia semakin baik.

Ini merupakan video beliau saat menyampaikan HUT Manggala Agni KLHK beberapa waktu lalu.

Selamat jalan Bang Moralis. Terimakasih dedikasi kepada Negeri tercinta, Riau dan Indonesia kita.

InsyaAllah almarhum husnul khotimah, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan serta ketabahan.”

Sebelumnya, Mohammad Moralis sempat mengalami demam panas. Karena kondisinya menurun, maka dibawa ke RS Awal Bross Panam, Senin 19 Oktober 2020 pukul 04.00 WIB dinihari.

Karena kondisinya membutuhkan ventilator, lalu Senin siang itu juga, ia dipindahkan ke RSUD Arifin Ahmad. Almarhum menjalani perawatan di ICU sambil menunggu hasil Swab, yang keluar Selasa (20/10/20) dengan hasil positif Covid-19.

Atas kepergian Moralis ini, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi juga menyampaikan duka mendalam.

“Semoga sahabat kita, almarhum Moralis mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah SWT, mudah-mudahan tergolong syahid, Aamiin YRA,” sebut Syamsuar, mengutio FixPekanbaru.com.

Gubernur juga mendoakan istri, anak, dan keluarga almarhum tabah menghadapi cobaan. “Sekarang, kita doakan semoga isterinya (lagi dirawat) lekas sembuh, Aamiin YRA,” ujar Syamsuar.

Pada Ahad sekitar pukul 16.00, sejumlah wartawan menyempatkan diri ke RSUD Arifin Achmad Pekanbaru untuk men-sholatkan sekaligus memberi penghormatan terakhir terhadap almarhum.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau H Zulmansyah Sekedang terlihat sedih ketika memberikan sambutan singkat.

Dalam karir jurnalisnya, almarhum menjabat sebagai pemimpin redaksi. Dan almarhum juga menjabat sebagai Sekretaris Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Riau.

Semasa hidupnya almarhum konsisten menekuni profesi wartawan sejak tamat kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Riau angkatan 1994. Hingga akhir hayatnya Moralis menjabat sebagai Pemimipin Redaksi Riaumandiri.id sekaligus General Manager Haluanriau.co dan Riaumandiri.id. Sebelum memimpin dua media daring ini, Moralis pernah jadi pemimpin Redaksi koran Haluan Riau. Selain itu, almarhum juga merupakan pengurus PWI Riau dan Ketua Mappilu PWI Riau.**

Editor: Abbas Abdurrahman