Lantik Pengurus Dewan Kesenian Riau, Ini Pesan Gubernur

Bagikan :

Cakrawalatoday.com – Gubernur Riau Syamsuar mengungkapkan bahwa Dewan Kesenian Riau adalah rumah besar seniman yang ada di daerah ini, terutama kesenian yang berbasis kebudayaan melayu. Sehingga seni dan budaya melayu terus berkembang di bumi melayu lancang kuning.

Hal itu disampaikan gubernur dalam kesempatan pelantikan Pengurus Dewan Kesenian Riau masa khidmat 2020-2025 di Gedung Daerah Balai Serindit, Ahad (11/10/2020) malam. DKR periode ini diketuai Taufik Hidayat atau Atan Lasak.

Gubernur mengungkapkan, eksistensi DKR dari tahun 1993 sampai sekarang telah memberikan sumbangsih yang cukup besar dalam membina dan mengembangkan kesenian di bumi melayu lancang kuning ini. Yang mana hal tersebut tidak terlepas dari peran seniman dan budayawan yang tergabung di dalamnya untuk menyumbangkan ide dan pemikiran.

Ia juga berharap DKR dapat terus memberi pembinaan dan pengembangan seni di Riau dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya, serta saling bersinergi dengan instansi terkait seperti Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan, Lembaga Adat Melayu Riau, serta dewan kesenian kabupaten kota.

“Tentunya dengan kebersamaan kita akan mampu memajukan seni dan kebudayaan melayu yang ada di Riau yang kita cintai ini, sehingga lebih dikenal baik itu nasional maupun internasional,” tuturnya, mengutip MediaCenterRiau.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pemerintah sebagai fasilitator telah memberi ruang kreativitas dengan memberikan kebebasan kepada seniman untuk menuangkan ide-idenya dalam bentuk-bentuk yang diinginkan.

Mesk demikian, gubernur menjelaskan bahwa pemerintah juga memunyai tanggungjawab untuk mengawasi karya-karya yang bisa menimbulkan benturan dan konflik di tengah masyarakat Riau yang heterogen dan masih menjunjung tinggi nilai-nilai moral.

“Kebebasan berkreativitas yang kita anut adalah kebebasan terikat dengan ketentuan dan norma-norma yang berlaku di tengah masyarakat,” katanya.

Syamsuar juga berpesan kepada seniman untuk berkarya sesuai dengan kemampuan yang ada dan terus menggali potensi yang dimiliki oleh negeri ini untuk menjadi sesuatu yang bernilai bagi masyarakat banyak.

“Terus berkarya. Sebab Riau punya potensi besar untuk melahirkan karya-karya terbaik di negeri ini. Karena sejak abad ke-18 Riau telah membuktikan karya-karya luhur yang dilahirkan Raja Haji kemudian Raja Ali Haji serta masih banyak yang lainnya,” pungkasnya.**