(foto: cakaplah.com)

Pasien Positif Covid-19 di Rokan Hulu Dinyatakan Sembuh

Bagikan :

CAKRAWALATODAY.COM – AS (56), satu-satunya pasien positif Covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau dinyatakan sembuh. Warga Kecamatan Rambah tersebut telah menjalani perawatan selama 20 hari di ruang isolasi RSUD Rohul.

Kabar kesembuhan pasien Covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu tersebut diumumkan oleh Bupati Rokan Hulu H Sukiman, Kamis (16/4/2020) sore.

Dilansir Cakaplah, kepastian kesembuhan AS ini didapatkan setelah hasil swab tenggorakan PCR pasien dari Balitbangkes Jakarta menunjukkan hasil negatif. Selain itu, AS juga tidak lagi menunjukan gejala klinis Covid-19 yakni batuk, pilek, demam dan sesak napas.

“Sore ini saya ingin mengumumkan kabar gembira bagi seluruh masyarakat Rohul. Di mana, satu warga kita yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, dinyatakan telah sembuh,” ujar Bupati.

Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada tim medis RSUD Rohul yang telah berjuang sekuat tenaga dan dengan penuh dedikasi merawat warga yang terkena musibah terjangkit wabah Covid-19. Tidak hanya menyembuhkan gejala, para tenaga medis juga berupaya menyembuhkan kondisi psikis pasien.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada tenaga medis yang telah berjuang, mengambil resiko besar, berpisah dengan keluarga demi merawat pasien positif Covid-19. Mereka adalah pahlawan sebenarnya,” ungkap Sukiman.

Rencananya, AS yang bekerja sebagai ASN di Pemkab Rokan Hulu itu akan pulang kembali ke rumahnya pada Jumat (17/4/2020) esok. Meski demikian AS masih diharuskan menjalankan isolasi mandiri selama 10-14 hari.

Dengan kesembuhan satu pasien positif Covid-19 ini, artinya sudah tidak ada lagi pasien positif yang dirawat di Rohul. Selain itu, jumlah ODP menurun dari 3.165 saat ini yang dalam proses pemantauan 789, sementara PDP yang masih dirawat 2 orang masing di RSUD dan Awal Bros Ujung Batu.

Bupati mengimbau meski grafik penyebaran Covid-19 di Rohul menurun, masyarakat diminta tetap menggelorakan perjuangan melawan virus corona dengan tetap disiplin melakukan anjuran pemerintah dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.**