Pembangunan RS Corona di Pulau Galang. (ANTARA FOTO/M N Kanwa).

RS Corona Pulau Galang Siap Beroperasi 6 April

Bagikan :

CAKRAWALATODAY.COM – Kesiapan Rumah Sakit khusus penanganan pasien virus corona Covid-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau telah mencapai 96 persen.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkobgawilhan) I, Yudo Margono mengatakan, kesiapan yang tersisa saat ini tinggal pengadaan sarana dan prasarana dalam rangka persiapan operasional RS Galang.

“Sarana sudah hampir siap, sudah ditunjuk tim dokter selaku Satuan Tugas Kesehatan (Satgaskes) TNI, peralatan medis sedang dimobilisasi, kita ajukan pada Kemenkes, BUMN, maupun BNPB,” ucapnya saat konferensi pers di BNPB, Jumat (3/4/2020) DIKUTP cnnindonesia.com.

RS Galang dikatakan siap beroperasi pada 6 April mendatang. Menurut pemaparan Yudo, RS Galang dapat menampung hingga 800 pasien.

Ia merinci, salah satu gedung di RS Galang bisa menampung hingga 460 pasien, sedangkan gedung observasi terdiri dari beberapa gedung dengan fasilitas 340 tempat tidur.

“Ada bangunan renovasi dan bangunan baru, terdiri dari gedung observasi yang menampung 240 bed, gedung observasi II 50 bed, observasi I 50 bed, dan gedung lain sebagai pendukung bisa menampung 460 pasien,” ujarnya.

Yudo menyampaikan, RS Galang akan diprioritaskan untuk pasien yang datang dari luar negeri seperti pekerja migran Indonesia. Namun tidak menutup kemungkinan, akan digunakan sebagai tempat penampungan pasien corona dari rumah sakit sekitarnya yang tak bisa merawat pasien.

“Diutamakan untuk orang luar negeri, migran,” ucapnya.

Selain Pulau Galang, pemerintah sudah menyiapkan lokasi lain untuk isolasi, perawatan, dan penanganan pasien Covid-19.

Empat lokasi tersebut adalah Pulau Natuna yang mampu menampung 500 orang, Pulau Sebaru Kecil 250 orang, serta Wisma Atlet Kemayoran yang saat ini sedang merawat 453 pasien dengan 127 orang diantaranya dinyatakan positif Covid-19.**

Print Friendly, PDF & Email