Walikota Batam, HM Rudi meminta agar masyarakat Batam tetap tenang dan tidak panik dengan ditemukannya satu orang warga Batam yang dinyatakan positif terinveksi virus corona atau covid-19. (Photo:probatam/hai)

Kadinkes Lakukan Penelusuran Terhadap Lokasi yang Dikunjungi Pasien Positif Corona

Bagikan :

CAKRAWALATODAY.COM, Batam – Walikota Batam, HM Rudi meminta agar masyarakat Batam tetap tenang dan tidak panik dengan ditemukannya satu orang warga Batam yang dinyatakan positif terinveksi virus corona atau covid-19.

“Saya minta masyarakat tetap tenang, yang harus dilakukan yakni tetap jaga kesehatan dan selalu memprotektif diri,” kata Rudi, kepada awak media, Kamis (19/3/2020) petang.

Rudi mengaku dirinya juga telah memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan kota Batam untuk mengecek lokasi-lokasi yang pernah disinggahi oleh pasien ketiga ini.

“Kalau dilihat dari riwayat perjalannya, pasien ketiga ini tertular dari cluster Jakarta, karena sebelumnya si pasien sempat mengikuti kegiatan keagamaan di Jakarta kemudian dilanjutkan ke Bogor dan terakhir ke Yogyakarta,” jelas Rudi.

Rudi juga mengaku saat ini tim Dinkes kota Batam juga telah melakukan penelusuran di lokasi-lokasi yang bersinggungan langsung dengan si pasien.

“Diantaranya pesawat yang ditumpangi dari Jakarta, dengan begitu dua kursi depan dan di belakang harus menjalani pemeriksaan,” paparnya.

Selanjutnya di kediaman pasien, ada tiga orang anggota keluarganya yang kontak dekat dengan si pasien, yakni suami dan kedua anaknya baik itu suami dan dua anaknya.

Kemudian mobil yang ditumpangi pasien dari bandara menuju rumah, begitu juga dengan puskesmas yang pernah dikunjungi pasien saat memeriksakan dirinya.

“Dan rumah sakit swasta yang dikunjungi pasien sebelum akhirnya dirujuk ke RSUD Embung Fatimah,” tutupbya. (hai)

Print Friendly, PDF & Email