Berita TerbaruBerita UtamaPendidikan

Cegah Penyebaran Covid-19, Unilak Pekanbaru Laksanakan Perkuliahan Secara Online

CAKRAWALATODAY.COM – Mulai Senin (16/3/2020), mahasiswa proses perkuliahan di Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru akan berlangsung melalui jaringan atau online. Peralihan dari perkuliahan tatap muka ke system jaringan ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 atau Corona.

Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum mengeluarkan kebijakan untuk pelaksanaan perkuliahan secara online. Surat edaran telah diterbitkan dan disebarkan ke seluruh civitas akademika Unilak.

Surat bernomor 491/PTS.X.41-R-F.05/2020 yang ditandatangani Rektor Unilak itu menyatakan mulai 16 hingga 21 Maret 2020 perkuliahan tatap muka diliburkan dan digantikan dengan online atau blended learning, atau bisa menggunakan fasilitas lainnya sepeti email, WhatsApp, dan perangkat teknologi sejenisnya.

Rektor Unilak mengatakan bahwa kebijakan ini sesuai dengan instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di institusi pendidikan. “Maka dari itu keputusan libur tatap muka merupakan tanggung jawab institusi dan beralih ke online,” sebutnya dalam rilis, Sabtu sore (14/3/2020).

Berikut beberapa pernyataan  Rektor Unilak:

1. Keputusan libur tatap muka merupakan tanggung jawab institusi untuk menjaga keselamatan  dan pencegahan dini civitas akademika Unilak.

2. Ini merupakan antisisipasi penyebaran virus corona.

3. Pembelajaran dengan blended learning atau sosial media, atau perangkat lainnya dapat dilakukan antara dosen dan mahasiswa.

4. Kebijakan ini akan terus dievaluasi setiap pekan dengan memperhatikan perkembangan situasi dan kondisi dari pihak pihak yang berwenang dan pemerintah.

Dijelaskan Rektor bahwa blended learning bukan hal baru yang dilakukan di Unilak. Metode ini telah digunakan di fakultas beberapa tahun belakangan, jadi tidak ada persoalan dan tatap muka melalui jaringan dibolehkan kementerian.

“Saya juga berpesan kepada civitas unilak untuk mengurangi aktivitas di rumah dan menghindari kegiatan kerumunan. Jika tidak ada hal penting di luar akan lebih baik tetap berada di rumah dan terus berupaya untuk hidup bersih, salah satunya dengan meningkatkan kebersihan diri dan mencuci tangan,” urai Rektor.

Ditambahkan Dr Junaidi, kebijakan ini akan terus dievaluasi. Dan bagi mahasiswa, orangtua serta masyarakat jika membutuhkan informasi perkuliahan dapat menghubungi layanan informasi Unilak melalui telepon, website, dan sosial media Unilak yang terverifikasi.**

Rilis

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button