Kepala KKP Tembilahan, Jufrihadi. (ANTARA/Adriah)

ABK Terduga Corona di Inhil, KKP Tembilahan Sebut Sempat ke Pasar di Malaysia

Bagikan :

CAKRAWALATODAY.COM – Satu orang anak buah kapal (ABK) saat ini diisolasi karena diduga mengidap virus corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau. Yang bersangkutan ternyata sempat berbelanja di pasar wilayah Batu Pahat, Malaysia.

“Dia sempat berbelanja di Pasar Batu Pahat, Malaysia sekitar satu jam. Awalnya dia tidak mengaku, setelah ditanya mendalam akhirnya mengaku,” tutur Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tembilahan, Jufrihadi kepada awak media di Tembilahan, Rabu (4/3/2020), dikutip Antara Riau.

Dia juga mengatakan bahwa terduga penderitaCOVID-19 ini terungkap setelah pihaknya melakukan pemindaian terhadap satu orang kapten kapal dan enam ABK yang baru tiba dari Malaysia.

Saat itu ada satu orang ABK yang diketahui mengalami demam yang cukup tinggi mencapai 37.5 derajat celcius sehingga langsung dilakukan observasi serta pengobatan awal.

“Setelah diberi obat dan dipantau kondisinya, ternyata ABK tersebut masih mengalami demam serta batuk dan sesak napas sehingga sesuai SOP harus dibawa ke rumah sakit rujukan terdekat untuk dilakukan isolasi,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan, dr Saut Pakhahan mengatakan bahwa tim dari Provinsi Riau akan mengambil sampel darah ABK suspect COVID-19 yang saat ini tengah diisolasi tersebut.

Dia juga mengutarakan bahwa untuk mengetahui hasil tersebut akan memakan waktu tujuh hingga 14 hari ke depan.

“Sampel kan langsung diambil oleh tim dari provinsi. Kita tunggu hasilnya. Jika pun nanti pasien ini sembuh, kita tidak akan berani pulangkan sebelum hasil dari Litbangkes membuktikannya negatif,” sebutnya.**

Print Friendly, PDF & Email