Berita TerbaruBerita UtamaRiau

Jokowi Harapkan Tol Pekanbaru-Dumai Bisa Dilewati Idul Fitri Tahun ini

CAKRAWALATODAY.COM – Presiden Joko Widodo, Jum’at (21/02/2020) meninjau seksi satu jalan tol Pekanbaru-Dumai, Riau yang sudah tuntas dalam tahap pengerjaannya.

Sesaat tiba di seksi satu jalan tol Pekanbaru, Jokowi langsung mendapatkan penjelasan, terkait tol Pekanbaru-Dumai secara keseluruhan. Mulai seksi satu hingga seksi enam yang terbentang dari Muara Fajar Pekanbaru sampai Kota Dumai.

Usai mendapatkan penjelasan terkait teknis pengerjaan jalan tol, Jokowi meyakinkan akhir April proyek pengerjaan jalan tol Pekanbaru-Dumai tuntas.  “Panjang tol 131 kilometer ini diharapkan akhir April selesai,” kata Jokowi.

Dengan begitu diharapkan, saat lebaran Idul Fitri nanti, mobilitas kendaraan bisa melewati tol pertama di bumi lancang kuning ini. “Akhir April tuntas, berarti saat lebaran sudah bisa dilewati kendaraan,” ungkap Jokowi.

Jokowi menekankan, dengan akan tuntasnya tol Pekanbaru-Dumai, mampu memangkas jarak waktu. Di mana sebelumnya jarak tempuh Pekanbaru-Dumai 4-5 jam, nanti dapat dipangkas hanya menjadi 1,5 jam sampai 2 jam. Sehingga dampak positif dengan adanya tol Pekanbaru-Dumai, terjadi mobilitas kendaraan, barang dan orang lebih cepat dari biasanya.

“Jarak tempuh 4-5 jam, nanti bisa dipangkas 1,5 sampai dua jam. Mobilitas jadi cepat, mobilitas orang juga begitu. Semua arahnya ke situ. Sehingga daya saing kita juga semakin tinggi,” ungkap Jokowi.

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Riau Syamsuar. Jokowi beserta rombongan tiba di lokasi jalan tol seksi 1 pukul 11.48 WIB, dan langsung meninjau kondisi di sekitar jalan tol yang merupakan proyek Trans Sumatera itu.

“Trans Sumatera ini kurang lebih 2.900 km. Sedangkan yang sudah operasi 460 km. Untuk proses konstruksi 490 km. Sementara yang dilelang 740 km,” jelas Jokowi.

Dikatakan Jokowi, 2024 pihaknya akan selesaikan semua prosedur terkait untuk pengoperasian ruas jalan Trans Sumatera.

Untuk diketahui, luas jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai 131 kilo. Untuk jarak tempuh dari Pekanbaru-Dumai berkisar 1 jam 30 menit dari yang sebelumnya 4-5 jam. Jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai memiliki keunikan interaksi yang sangat baik dengan alam. Itu terbukti dengan adanya gajah di sekitaran seksi 4 yang berlalu-lalang.

Ikut hadir dalam peninjauan itu Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepal Staf Kepresidenan Muldoko, serta Wali Kota Pekanbaru Firdaus. **

Sumber: mediacenter.riau.go.id

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button