Berita TerbaruBerita UtamaPekanbaru

Pekanbaru Dikepung Kabut Asap, Ribuan Warga Terserang ISPA

CAKRAWALATODAY.COM, Pekanbaru – Penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) mulai menyerang warga kota Pekanbaru akibat kabut asap. Diskes setempat mencatat ada seribu lebih warga yang terjangkit.

“Kita sudah kumpulkan seluruh kepala puskesmas di Kota Pekanbaru untuk memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat baik itu balita, ibu hamil dan lansia yang terkena dampak kabut asap seperti ISPA agar betul-betul tertangani dengan baik,” ujar Plt Kadiskes Pekanbaru Muhammad Amin, dikutip Pekanbaru.go.id, Selasa (6/8).

Karena itu, Muhammad Amin mengimbau pihak Puskesmas agar memanfaatkan ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) sebagai tempat evakuasi warga yang terserang penyakit ISPA ini.

“Untuk saat ini kita belum terima laporan terkait pasien ISPA yang dirawat, mudah-mudahan masyarakat yang terkena dampak kabut asap ini bisa terlayani dengan baik dan segera pulih,” kata dia.

Amin terus mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Ia juga berpesan agar masyarakat mengenakan masker jika ingin bepergian ke luar rumah.

“Kita imbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, banyak mengonsumsi air putih dan mengenakan masker jika tetap ingin berpergian. Sudah ada empat puluh ribu lebih masker kita sebar di setiap kecamatan termasuk yang kita cek tadi pagi di Puskesmas  Bukit Raya sudah dibagikan ke masyarakat,” pungkasnya. (mik)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button