Bisnis

Deretan Harga Mobil Listrik Murah, Banderol di Bawah Rp200 Juta

CAKRAWALATODAY.COM — Peluang bagi masyarakat untuk memperoleh unit mobil listrik dengan harga terjangkau cukup terbuka. Hal tersebut didukung dengan adanya wacana skema pajak yang menguntungkan dalam regulasi elektrifikasi kendaraan, yang sedang dikaji pemerintah.

Selain dimaksudkan untuk mendorong industri otomotif lokal untuk berkembang dan memproduksi kendaraan listrik, skema pajak nanti membuat Indonesia menjadi pasar penjualan kendaraan dari negara lain. Terutama yang didatangkan secara impor penuh (CBU).

Sederet opsi datang terutama dengan sejumlah varian keluaran produsen mobil listrik dari Tiongkok. Dengan harga asal yang berkisar dari Rp157 juta hingga Rp190 juta, bukan tidak mungkin kehadiran mereka akan memberi persaingan ketat dengan model kendaraan konvensional.

Setidaknya dalam penelusuran Okezone Otomotif terhadap perkiraan harga mobil listrik di Tiongkok, terdapat tiga tipe kendaraan listrik dengan rentang harga terjangkau. Dengan memiliki fitur atau jarak tempuh yang cukup memadai

Changan Benni Mini E

Changan Benni Mini E

Tipe ini merupakan variasi lebih kecil dari hatchback Changan Benni. Perbedaannya terletak pada ukuran kapasitas motor lebih kecil yakni 30 kW dan jangkauan jarak tempuh kendaraan ini yang tidak lebih dari 150 km.

Kendaraan yang hanya memiliki daya baterai sebesar 24 kWh tersebut memiliki kecepatan tertinggi hingga 100 km/jam. Di negara asalnya, model Changan Benni Mini E, yang rilis pada 2018, dibanderol sekitar Rp157 juta.

Yema EC30 MPV

Hal menonjol yang terlihat dari model Yema ini adalah kapasitas penumpangnya yang dapat memuat tujuh orang. Termasuk, dengan keberadaaan dua captain seat pada baris kedua penumpang sehingga terkesan mewah.

Yema EC30 MPV

Varian ini menyimpan daya paket baterai sebesar 47 kWh yang mampu mengantarkan kendaraan tersebut menempuh 255 km, pun dengan keluaran optimal sebesar 113 hp. Kendaraan ini deibanderol dengan harga jual sekitar Rp171 juta di negara asalnya.

JMC E200N

Model ini terlihat mengikuti jejak desain secara seksama dengan edisi terdahulu dari Changan Benni. Hatchback ini dilengkapi dengan ABS, instrumen sistem hiburan LCD, dan bantuan kamera saat kendaraan mundur.

Untuk tenaga penggerak utama, mobil ini menggunakan rangkaian motor listrik dengan keluaran tenaga sampai 40 hp. Daya maksimal baterai sebesar 29 kWh milik E200N mampu mengantarkannya menempuh jarak hingga 302 km dalam uji kendara resmi. Banderol harganya mencapai sekitar Rp189,2 juta.**

Sumber: okezone.com

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button