Berita Terbaru

Transportasi di Hong Kong Kacau Dampak Protes Massa Pro-Demokrasi

CAKRAWALATAODAY.COM — Perjalanan kereta api (commuter) dan penerbangan internasional di Hong Kong kacau pada pada Senin (5/8/2019) pagi imbas massa pro-demokrasi melancarkan upaya pemogokan di seluruh kota untuk meningkatkan tekanan kepada para pemimpin kota tersebut.

Massa bergerak di stasiun kereta bawah tanah utama selama jam sibuk pada pagi hari. Mereka sengaja mengganjal pintu agar KRL tidak segera berangkat. Akibatknya terjadi antrean panjang dan memicu bentrokan antara penumpang KRL yang marah dan massa pro-demokrasi.

Sementara otoritas penerbangan memperingatkan penumpang akan adanya potensi gangguan 100 penerbangan di bandara kota itu. Jalan-jalan utama juga diblokade menyebabkan kemacetan panjang di sejumlah jalan.

Beberapa penumpang KRL ada yang mendukung aksi massa pro-demokrasi yang telah melakukan protes selama lebih dari dua bulan. Protes terjadi akibat Rancangan Undang-Undang ektstradisi yang dianggap bisa mengekang kebebasan demokrasi di Hong Kong. RUU tersebut memungkinkan seborang tersangka dari Hong Kong diadili di China yang dinilai otoriter.

“Selama pemerintah tidak menanggapi maka pasti gerakan itu akan meningkat,” kata Leung, seorang pegawai negeri sipil kepada AFP.

Sebagian besar penerbangan yang terganggu adalah dengan Cathay Pacific tapi maskapai penerbangan tidak memberikan alasan penyebab pembatalan tersebut.

Namun serikat pramugari maskapai penerbangan mengonfirmasi anggotanya terlibat dalam pemogokan tersebut.

“Selama 50 hari terakhir, pemerintah telah mengabaikan tuntutan rakyat dan hanya menggunakan kepolisian untuk mencoba menekan suara, menyebabkan banyak orang Hong Kong putus asa,” kata serikat pekerja dalam sebuah pernyataan di halaman Facebook-nya.**

sumber: okezone.com

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button