Berita TerbaruBerita UtamaNasional

Mahal Harganya, Daun Ketapang Kering Diekspor Indonesia ke Jepang

CAKRAWALATODAY.COM, Denpasar – Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementrian Pertanian RI, Ali Jamil mengatakan, bahwa daun ketapang kering sangat baik dibudidayakan karena harga jualnya cukup mahal. Saat ini, Indonesia telah mengekspor daun Ketapang kering ke Jepang. Satu kilonya berkisar di harga Rp 1 juta.

“Daun Ketapang, yang tumbuh di bantaran-bantaran sungai atau di daerah-daerah lembahan itu, ternyata mahal harganya. Indonesia sudah mengekspor ke Jepang. Satu kilo gram harganya bisa setara Rp 1 juta,” jelasnya, usai melepas ekspor komoditas pertanian di Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Denpasar, Senin (29/4/2019).

Menurut Jamil, jika ada lahan-lahan kosong pihaknya mengimbau untuk menanam daun ketapang yang harganya cukup lumayan. Karena, dalam satu kilo kering daun Ketapang bisa mencapai sekitar Rp 1 juta.

Jamil juga menjelaskan, daun Ketapang kini diminta oleh negara Jepang dan sudah diekspor. Manfaat dari daun Ketapang karena untuk memarnai ikan cupang, untuk obat-obatan dan kosmetik.

“Saya dengar itu untuk obat dan kosmetik. Yang kita tau baru tau baru Jepang (Berminat). Justru kita baru mengekspor ke negara mana lagi yang butuh daun Ketapang itu,” ungkapnya.

Baca selengkapnya di Timesindonesia.co.id

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button