Cetak Penguji Kompetensi, PFI Gelar ToT

Bagikan :

Cakrawalatoday.com – Organisasi pers Pewarta Foto Indonesia (PFI) menggelar pelatihan untuk penguji atau Training of Trainers di Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA). Kegiatan dibuka Senin, 20 September 2021, dan belangsung dua hari.

Kegiatan ini digelar untuk melengkapi langkah PFI dalam proses menjadi lembaga uji kompetensi yang diakui dan terdaftar di Dewan Pers.

Hadir dalam pembukaan ToT yang berlangsung secara luring dan daring ini anggota Dewan Pers Jamalul Insan, Direktur Antara Hempy N Prajudi, Ketua Umum PFI Reno Esnir, Sekjen PFI Hendra Eka, sejumlah narasumber, para penguji, dan 9 peserta ToT.

Dalam sambutannya, Jamalul menyampaikan apresiasi kepada PFI dalam penyelenggaraan TOT ini. Ia menyambut baik dan berharap PFI dapat segera menjadi lembaga uji ke-31 yang terdaftar di Dewan Pers.

“Ini merupakan ikhtiar dan langkah yang luar biasa dari PFI, sudah sangat lebih maju. Saya berharap kawan-kawan pewarta foto nantinya lebih profesional setelah adanya Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia,” ujar Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan, & Pengembangan Profesi Dewan Pers ini.

Sementara, Ketua Umum PFI Reno Esnir mengucap puji syukur akhirnya kegiatan ini dapat terselenggara. Reno mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung agenda ini.

“Terima kasih banyak untuk seluruh panitia, Lembaga Pendidikan Jurnalistik Antara, para penguji, seluruh peserta, serta mitra yang sudah memberikan dukungannya. Alhamdulillah acara yang menjadi salah satu tonggak sejarah PFI ini bisa terselenggara,” ujar Reno.

Training of Trainers (TOT) ini digelar secara tatap muka langsung dengan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh peserta, panitia, dan tamu undangan mengikuti tes usap terlebih dahulu beberapa jam sebelum dimulainya acara. Ruangan GFJA juga telah disterilisasi semalam sebelumnya.

Agenda ini diikuti oleh 9 peserta yang semuanya telah memiliki sertifikat kompetensi wartawan utama yang dikeluarkan Dewan Pers. Ke-9 peserta tersebut adalah Abbas Abdurahman (Pekanbaru), Alex Suban (Jakarta), Becky Subechi (Surabaya), Dikhy Sasra (Jakarta), Zairin Salampessy (Ambon), Gino F Hadi (Jakarta), Ismar Patrizki (Jakarta), Oscar Motuloh (Jakarta), dan Prasetyo Utomo (Jakarta).

Nantinya ke-9 peserta tersebut diharapkan dapat menjadi penguji Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia (UKPFI) yang akan segera diselenggarakan.

Menutup pembukaan TOT, Ketua Umum PFI menyerahkan draft final buku Standar Kompetensi Wartawan (SKW) kepada anggota Dewan Pers Jamalul Insan. Buku setebal 352 halaman tersebut diharapkan dapat menjadi referensi penyelenggaraan UKPFI kedepannya.

“Semoga draft final ini dapat segera disahkan Dewan Pers dan dapat menjadi acuan para pewarta foto di seluruh Indonesia”, tutup Reno Esnir. (*/Abs)

Print Friendly, PDF & Email