Pemasangan tanda peserta Musyawarah Ranting Gerakan Pramuka Tampan oleh Wakil Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru Ario Wibowo.

Kwarran Tampan gelar Musran dan Musyawarah Pembentukan Kwarran Bina Widya dan Tuah Madani

Bagikan :

Cakrawalatoday.com — Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Tampan menggelar Musyawarah Ranting (Musran) serta Musyawarah Pembentukan Kwarran Bina Widya dan Tuah Madani. Kegiatan berlangsung pada Sabtu (27/3/2021) bertempat di aula Kantor Camat Bina Widya Pekanbaru.

Ketua Panitia Pelaksana Irwan Yuliadi dalam laporannya menyampaikan bahwa Musran dilaksanakan karena masa bakti Kwarran Tampan 2016-2021 akan berakhir, sedangkan pembentukan Kwarran Bina Widya dan Tuah Madani mengikuti pemekaran Kecamatan Tampan yang telah diresmikan oleh Wali Kota Pekanbaru pada 30 Desember 2020 lalu.

“Musyawarah dilaksanakan selama satu hari diikuti oleh para Pembina Pramuka utusan Gugusdepan yang berpangkalan di SD, SMP, SMA, SMK, MA dan Perguruan Tinggi se-Kecamatan Bina Widya dan Tuah Madani,” kata Irwan.

“Musyawarah beragendakan penyampaian dan pengesahan laporan pertanggungjawaban Kwarran Tampan masa bakti 2016-2021, pembentukan Kwarran Bina Widya dan Tuah Madani, pembahasan dan pengesahan rencana kerja, memilih Ketua Kwarran, Tim Formatur dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarran Bina Widya dan Tuah Madani masa bakti 2021-2024,” tambahnya.

Camat Bina Widya yang diwakili Sekretaris Camat Defna Leony dalam sambutannya mengharapkan agar Gerakan Pramuka khususnya di kecamatan ini dapat bersinergi dengan pemerintah melalui berbagai program, salah satunya program kampung iklim yang bertujuan meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Sekretaris Kecamatan Bina Widya, Defna Leony, memasang tanda peserta Musyawarah Ranting Tampan kepada perwakilan peserta pada Sabtu (27/3/2021) di aula Kantor Camat Bina Widya Pekanbaru.

“Saya mengucapkan selamat bermusyawarah, semoga musyawarah ini berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan dan semoga Gerakan Pramuka semakin bersinergi dengan berbagai pihak dan meningkatkan pengabdiannya untuk bangsa dan negara,” kata Defna. 

Sementara Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Riau yang diwakili Wakil Ketua Bidang Organisasi, Hukum dan Bela Negara H Kasiarudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa musyawarah sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, serta Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Gerakan Pramuka adalah forum tertinggi dalam upaya pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka di wilayah Kwartir.

“Dalam musyawarah ini, kakak-kakak dan adik-adik akan menyusun rencana kerja kwartir ranting tiga tahun ke depan. Untuk itu saya mengharapkan untuk membuat rencana kerja kwartir yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini sehingga Gerakan Pramuka semakin dicintai oleh masyarakat,” kata Ka Kwarda.

“Pendidikan kepramukaan merupakan perwujudan daripada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yang membangun karakter anak bangsa makanya Gerakan Pramuka ini unik mulai dari Presiden sampai Camat merupakan majelis pembimbing dan membantu Gerakan Pramuka adalah kewajiban pemerintah,” tambah beliau.

“Kepada Camat selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting saya ucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas upaya memberikan bantuan dan bimbingan kepada Kwarran Tampan selama ini. Saya juga ucapkan selamat atas pembentukan Kwarran Bina Widya dan Tuah Madani,” pungkasnya.

Wakil Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru Ario Wibowo menyerahkan piagam penghargaan Gudep Tergiat I Tingkat Kwarran Tampan kepada Ketua Gudep 08-001 Universitas Riau Dahliyusmanto.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Pekanbaru yang diwakili Wakil Ketua Ario Wibowo menyampaikan bahwa Kwarran Tampan merupakan Kwarran Tergiat I Tingkat Kwarcab Kota Pekanbaru masa bakti 2015-2020. Ini menandakan bahwa proses pembinaan kepramukaan di Kecamatan Tampan baik secara organisasi, manajerial, kegiatan, dan administrasi sudah berjalan dengan baik.

“Kita melihat lima tahun belakangan ini, Kwarran Tampan memberikan kontribusi yang sangat banyak dalam pembinaan kepramukaan yang dibantu oleh sumber daya manusianya baik pengurus, para pelatih, pembina dan adik-adik Pramuka. Untuk itu, kami sangat yakin sekali bahwa dua Kwarran yang akan dibentuk tidak terlalu berat karena sudah memiliki pondasi yang kuat dan akan dinakhodai oleh orang-orang yang mumpuni di bidang kepramukaan,” ungkapnya.

“Gerakan Pramuka merupakan wadah yang unik, penuh kebahagiaan dan paling utama di dalam Gerakan Pramuka adalah pembentukan karakter peserta didik. Jadi, kakak-kakak pembina adalah orang-orang yang memberikan ilmu-ilmu yang telah didapat melalui kursus-kursus dan disalurkan kepada peserta didik” tambah Ario.

Ario berharap musyawarah yang akan dilaksanakan adalah musyawarah yang sejuk, dapat mengakomodir semua keinginan sehingga mendapatkan hasil mufakat diterima oleh semua peserta. Kwarcab Pekanbaru mengucapkan selamat bermusyawarah, semoga apa yang telah dihasilkan di musyawarah memberikan dampak positif bagi kegiatan kepramukaan di Bina Widya dan Tuah Madani.

Dapat kami sampaikan, kata dia, Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru beberapa waktu yang lalu Kak Masykur sudah melakukan terobosan salah satunya penyiapan anggaran kegiatan kepramukaan di Kecamatan sebesar Rp50 juta/tahun dan dititipkan melalui Kecamatan.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim, Musran Tampan dan Musyawarah Pembentukan Kwarran Bina Widya dan Tuah Madani tahun 2021 secara resmi dibuka,” kata Ario membuka acara.

Pembukaan ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan peserta. Selain itu, juga diserahkan penghargaan kepada Gugusdepan Tergiat Tingkat Kwarran Tampan masa bakti 2016-2021.

Hadir saat acara pembukaan, Danramil 06/Sukajadi-Tampan Kapten Arh. Nirzam SSos, Andalan Kwarda Riau Aprizal, Lurah Tobek Godang Yasir Arafat, Ketua Kwarran Tampan H Bustami, beserta Pengurus dan undangan lainnya.** 

Rilis

Print Friendly, PDF & Email

BERITA TERKAIT

Rapat Paripurna Andalan Kwarda, Tentukan Kebijakan Pengelolaan Gerakan Pramuka di Provinsi Riau

Redaksi

Seratus Paket Bantuan Pramuka Pekanbaru Diterima Langsung Korban Banjir Kalsel

Redaksi

Bumbung Kemanusiaan Bencana Pramuka Pekanbaru Tiba di Kalimantan Selatan

Redaksi

Lagi, Pramuka Pekanbaru Bentuk Kwartir Ranting Baru

Redaksi

Ketua Kwarda Tutup ToT Pelatih Pusdiklat Riau

Redaksi

Buka ToT Pelatih Pusdiklat Kwarda Riau, Ka Kwarda Ingatkan Pentingnya Pelatih Memiliki Motivasi Tinggi

Redaksi