Kebakaran Kilang Balongan: 29 Luka Ringan, 6 Luka Berat

Bagikan :

Cakrawalatoday.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat merilis data terbaru korban kebakaran kilang Pertamina Balongan, Indramayu.

Hingga Senin (29/3) pukul 16.42 WIB, jumlah korban luka ringan mencapai puluhan orang. Selain itu, sebanyak enam orang mengalami luka berat dalam insiden kebakaran dan ratusan warga yang tinggal di sekitar lokasi kilang mengungsi di sejumlah posko pengungsian.

“Dampak 29 orang luka ringan, enam orang luka berat, dan 932 orang mengungsi dibagi ke tiga titik pengungsi,” kata Wakil Manajer Pusdalops PB BPBD Jabar Hadi Rahmat dalam keterangan tertulis, Senin (29/3), mengutip CNNIndonesia.com.

Kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan terjadi pada Senin dini hari pukul 01.05 WIB. Penyebab kebakaran karena kebocoran gas. Bau gas menyengat sudah terjadi sekitar pukul 23.00 WIB dan sekitar pukul 00.00 WIB terdengar suara ledakan.

Adapun unit yang terdampak kebakaran yaitu empat unit tank product premium 42 T 301 A, B, C, dan D.

Atas peristiwa tersebut, BPBD Kabupaten Indramayu melakukan kaji cepat ke lokasi kejadian. Kemudian, aparat TNI dan Polri yang berada di lapangan sudah mengimbau kepada masyarakat sekitar agar mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“932 orang mengungsi dibagi ke tiga titik pengungsi yaitu di Pendopo Kabupaten Indramayu sebanyak 320 jiwa, GOR Bumi Patra 220 jiwa, dan Masjid Islamic Center Indramayu 392 jiwa,” ujar Hadi.

Ia menambahkan, petugas juga telah mendirikan tenda Satgas dan memberikan bantuan logistik di lokasi pengungsian Islamic Center. Selain itu, BPBD Indramayu mendirikan posko dan dapur umum di halaman Pendopo Indramayu.

Berikut daftar korban luka ringan dan berat yang dirilis BPBD Jabar:

Korban luka ringan: Noaf Firmansyah (21), Muhammad Sidiq Maulana (13), Guntur Mauluna (13), Suteni (53), Yasmin, Mulyana (82), Dawin (80), Romalah (55), Sanusi (90), Warti, (80), Rokamah (80), Tiah (100), Raminah (60), M. Sidiq (13), Ade Suratman (security). Sementara 14 orang lainnya masih dalam identifikasi.

Korban luka berat: Kosim B Durakman (18), Abdul (18), Ibnu Ajis (18), Ahmad Asrori (18), Khoirul Ikhwan (16), dan Dani (18).

Sebelumnya, satu orang warga Kecamatan Balongan, meninggal dunia dalam insiden kebakaran kilang minyak tersebut.

Dari informasi yang diperoleh petugas di lapangan, korban jiwa terdampak kebakaran di Balongan tersebut terkena serangan jantung.**

BERITA TERKAIT

Begini Kronologi Awal Kebakaran Terjadi di Gedung Kejagung

Redaksi

Kebakaran Gedung Utama Kejagung Mulai Padam Setelah 10 Jam

Redaksi

Kebakaran Mako Brimob Sumsel Terjadi di Gudang Senjata

Redaksi