Dekan Fakutlas Hukum Unilak DR Fahmi dan Wakil Dekan III Afriansyah SH MH berbincang dengan H Muhammad Adil SH yang telah dilantik jadi Bupati Kepulaan Meranti, Riau.

Alumni Fakultas Hukum Unilak Dilantik Jadi Kepala Daerah, Dekan FH: Ini Kebanggaan

Bagikan :

Cakrawalatoday.com — Kabar bahagia menghampiri civitas akademika Universitas Lancang Kuning (Unilak) khususnya Fakultas Hukum. Salah seorang alumni terbaiknya resmi dilantik oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar sebagai Bupati Kepulauan Meranti 2021-2026.

Ia adalah H Muhammad Adil SH yang ketika pilkada Kepulauan Meranti berpasangan dengan Asmar. Keduanya telah resmi dilantik, Jumat (26/2/2021) di Gedung Daerah Riau, bersamaan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Bupati Bengkalis, dan Wali Kota Dumai.

Pelantikan tiga kepala daerah ini berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.14-361 Tahun 2021. H Muhammad Adil SH mengenyam pendidikan sarjana di Fakultas Hukum Unilak, demikian disampaikan oleh salah satu dosen yang saat ini menjabat dekan Fakultas Hukum Unilak Dr Fahmi SH MH.

Diceritakan Dr Fahmi, semasa kuliah Adil memang selalu semangat dan rajin bertanya. Orangnya kritis kalau menyangkut kepentingan masyarakat. “Penyampaian argumentasi dalam diskusi sangat baik, saya dulu sempat mengajar beliau untuk mata kuliah hukum pidana,” ujarnya.

Disebutkan Fahmi, dirinya tidak menyangka Adil berhasil menjadi orang nomor satu (bupati) di Kepulauan Meranti. “Dulu usai tamat kuliah saya hanya memperkirakan beliau menjadi anggota dewan dan ternyata terbukti, beliau menjadi wakil rakyat di DPRD Bengkalis dan DPRD Riau,” katanya.

“Kami selaku dekan Fakultas hukum Unilak mengucapkan rasa syukur Alhamdulilah alumni (H M Adil SH MH) telah resmi menjadi bupati. Hal ini membuktikan bahwa lulusan Universitas Lancang kuning dipercaya dan diakui kualitasnya di tengah-tengah masyarakat. Harapannya kedepan semoga dapat mengemban amanah dan mewujudkan pemerintahan daerah yang bersih dari kolusi korupsi dan nepotisme dan memajukan meranti. Kami selaku dosen bangga pernah mengajar mereka,” tambah Fahmi.

Beberapa minggu sebelum pelantikan, Fahmi mengaku bertemu dengan Muhammad Adil di Pekanbaru. Mereka berdiskusi panjang lebar. “Intinya, FH Unilak siap bekerjasama dengan Pemkab Meranti, satu di antaranya ASN Meranti untuk kuliah di sini,” sebut Fahmi.

Dilantiknya H Muhammad Adil bertambah panjang alumni fakultas hukum Unilak yang memimpin daerah, baik di DPRD maupun kepala daerah. Sebelumnya ada Catur Sugeng (Bupati Kampar), Andi Putra SH MH (Ketua DPRD Kuansing), Weni Liz Darmansyah SH (Ketua DPRD Tanjung Pinang), Liz Darmansyah (mantan Wali Kota Tanjungpinang), serta Khairul Anwar (Mantan Wali Kota Dumai).**

Rilis