Dewan Kesenian Riau Gelar Pajang Karya 2021, Dapat Disaksikan Mulai 6 Februari

Bagikan :

Cakrawalatoday.com – Dewan Kesenian Riau (DKR) bersama ARTSPACE menggelar Pajang Karya (PaKar) dalam rentang waktu 6–20 Februari 2021. Terjaring  8 seniman dan 12 karya yang lolos kurasi melalui jalur Undangan dan Open Submission. Mereka adalah Alza Adrizon, Cak Winda, F Yohanes, Jati Wahyono, M Raditya Perdana, Roni Sarwani dan Syamyatmoko.

Karya yang hadir berupa Lukis, Grafis, Mix – Media dan Seni Fotografi. PaKar DKR 2021 ini nantinya diharapkan dapat menggugah masyarakat kota Pekanbaru dan sekitarnya, khususnya kolektor seni, seniman, akademisi, dan peserta didik.

Pajang Karya merupakan sebuah ajang pameran senirupa berkala 3 bulan sekali atau 4 kali dalam satu tahun, persembahan dari Komite Seni Rupa, Dewan Kesenian Riau ke masyarakat luas khususnya bagi para seniman/perupa.

PaKar hadir sebagai kegiatan mendukung geliatnya kekaryaan para perupa di Riau. Harapannya PaKar bisa menjadi medan ekspresi dalam menumpahkan nilai-nilai estetika yang diusung dan menemukan ciri bentuk pada karya mereka. 

PaKar para perupa Riau, akan dilakukan dengan sangat selektif dengan melakukan sejumlah proses kurasi ketat, agar terjaring seniman dengan karya-karya yang berkualitas dan mengusung tema-tema kekinian yang sarat dengan nilai lokalitas, agar karya dapat diapresiasi dan terjual (market seni)

“Dapat saya sampaikan bahwa PaKar DKR ini adalah sebuah perhelatan yang merupakan program tahunan DKR dalam hal ini ditaja Komite Seni Rupa. Nawaitu kami perhelatan ini bisa dilaksanakan tiga bulan sekali, artinya dalam setahun tiga kali PaKar diselengarakan,” ungkap Ketua Umum DKR Taufik Hidayat atau Atan Lasak.

Oleh karena itu, Atan Lasak memohon kepada seluruh lapisan masyarakat kiranya dapat mendukung dan mendoakan agar kegiatan ini bisa terus terlaksana.

“PaKar DKR ini adalah sebuah upaya kami dalam menghimpun ekspresi estetika perupa di Provinsi Riau dalam gambar yang berkata-kata. Tentunya gambar atau lukisan itu menjulang marwah dan identitas diri bangsa,” pungkas Atan Lasak.

PaKar DKR 2021 ini mengusung tema “MARWAH DAN IDENTITAS”. Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata marwah itu sendiri berarti kegagahan, kehormatan, harga diri. Sedangkan makna Identitas itu sendiri berasal dari kata identity yang berarti memiliki tanda, ciri atau jati diri yang melekat pada suatu individu, kelompok atau sesuatu yang membedakannya dengan yang lain.

Gubernur Riau Syamsuar MSi menyambut baik kegiatan ini.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Riau, kami mengapresiasi perhelatan yang bertema “Marwah dan Indentitas” ini. Harapan kami kegiatan ini menjadi media ekspresi dalam menumpahkan nilai-nilai estetika yang diusung dan menemukan ciri bentuk pada karya perupa di Provinsi Riau. Kami berharap dengan helat PaKar ini akan muncul industri kreatif perupa di Provinsi Riau meskipun di masa pandemi Covid-19. Sehingga tercipta masyarakat sehat, ekonomi kuat,” kata Syamsuar.**

Rilis

BERITA TERKAIT

Lantik Pengurus Dewan Kesenian Riau, Ini Pesan Gubernur

Redaksi