Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Agung Pambudhy

Ini Kata Luhut soal Kebijakan Corona Disebut Berubah

Bagikan :

CAKRAWALATODAY.COM – Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan setiap kebijakan mengenai penanganan virus Corona telah diambil secara sangat hati-hati oleh pemerintah.

Dinamika yang terjadi menurutnya menuntut pemerintah untuk menyesuaikan keputusan di sana-sini. Dia menegaskan kebijakan pemerintah tetap konsisten dan tidak berubah-ubah.

“Pemerintah bukannya tidak konsisten dan berubah-ubah, tetapi dinamika Covid-19 harus disesuaikan, karena kita belum ada pengalaman dan perlu kehatian-hatian dalam mengambil keputusan,” jelas Luhut dalam keterangannya, dikutip detikcom, Kamis (21/5/2020).

Dia mengatakan virus Corona tidak akan ada habisnya tanpa vaksin, untuk itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat bisa berdamai. Dia menjelaskan berdamai dengan virus maksudnya adalah patuh pada protokol kesehatan ketat dan menjaga pola hidup sehat.

“Berdamai dengan COVID esensinya benar karena menurut WHO, COVID-19 ini tidak akan habis sebelum ada vaksinnya. Berdamai itu maksudnya adalah, tetap patuh terhadap protokol kesehatan, pola hidup masyarakat pun harus banyak berubah, harus berpola hidup lebih bersih dan lebih sehat,” papar Luhut.

Luhut pun bicara soal gelombang kedua wabah Corona, menurutnya masyarakat di seluruh Indonesia harus tetap waspada soal gelombang kedua ini. Maka dari itu, dia menegaskan agar masyarakat tetap disiplin melakukan protokol kesehatan yang ada dengan ketat.

“Oleh karena itu, Indonesia juga perlu waspada dengan gelombang kedua dan masyarakat tetap disiplin dalam melaksanakan PSBB dan protokol kesehatan yang ada, kita wajib memberikan pemahaman kepada masyarakat, ini penting sekali,” ujar Luhut.

Menurutnya saat ini semua orang harus siap akan kehidupan new normal. Luhut mengatakan masyarakat harus membiasakan diri menggunakan masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak sosial.

“Saat ini kita harus siap untuk kehidupan baru atau new normal dengan membiasakan diri menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak guna mengurangi penyebaran virus ini,” kata Luhut.**

Print Friendly, PDF & Email