Bupati Pelalawan HM Harris

Tangani Covid-19, Pemkab Pelalawan Siapkan Dana Rp25 Miliar

Bagikan :

CAKRAWALATODAY.COM – Pemerintah Kabupaten Pelalawan, Riau menyiapkan dana hingga Rp25 miliar untuk menangani mewabah virus corona covid-19. Hal tersebut sejalan dengan penetatapan status siaga darurat bencana non-alam.

“Dana tersebut tak bersumber dari Dinas Kesehatan saja, bisa bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) atau dari APBD Pelalawan. Dasar peruntukan dana tersebut berdasarkan intruksi pemerintah pusat,” kata Bupati Pelalawan HM Harris, saat melakukan peninjauan penyemprotan dan sosialisasi kesehatan yang ditaja oleh PT RAPP bekerja sama dengan dinas kesehatan di berbagai perumahan masyarakat dan Pustu di Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan.

Turut serta mendampingi bupati adalah Sekda Tengku Mukhlis, Kepala BPKAD Devitson Syaharuddin, Kadis DPM-PTSP Budi Surlani.

Ditegaskan Bupati Harris, pedoman peruntukan dana untuk penanganan virus corona ini adalah pergeseran anggaran di dinas kesehatan. “Jadi begini, anggaran yang kita siapkan merupakan pergeseran anggaran di dinas kesehatan, bisa dia dari DAK ataupun dari APBD,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya status siaga darurat itu maka seluruh sumber daya yang ada, termasuk partisipasi pemerintah dan masyarakat, bisa dikerahkan bersama-sama.

Salah satu guna anggaran penanganan virus corona ini, kata Harris, untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) dan penanganan medis yang dibutuhkan selama siaga darurat.

Sejauh ini, kata Harris, anggaran Rp25 miliar yang bakal dipersiapkan untuk penanganan virus corona masih digodok dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Belum final, tapi ancang-ancang sudah, bekisar Rp25 miliar yang kita siapkan,” pungkasnya.**

Sumber: cakaplah.com

Print Friendly, PDF & Email