PekanbaruPendidikan

Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat, Dosen PBING UIR Ajarkan E-Learning

CAKRAWALATODAY.COM – Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau mengadakan kegiatan Pengadian Kepada Masyarakat (PkM) di SMP Negeri 2 Tambang, Kabupaten Kampar. Tema yang dipilih adalah Pengembangan Bahan Ajar berbasis E-Learning.

Kegiatan PkM dilaksanakan oleh dosen Prodi PBING pada 4,5,18 dan 19 Januari 2020. Kegiatan ini diketuai oleh Fauzul Etfita SPd MPd bersama Arimuliani Ahmad SPd MPd serta dua mahasiswa M Fajri dan Fetty Wahyuningrum. “Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat wajib dilaksanakan sebagai seorang dosen, sejalan dengan pelaksanaan pendidikan serta penelitian,” ujar Fauzul, Sabtu (19/01/2020).

Dijelaskan, PkM merupakan bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi, sebagai bentuk kontribusi nyata perguruan tinggi terhadap kemajuan masyarakat sekitarnya. “Berdasarkan Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi Menristekdikti Edisi X Tahun 2016 salah satu tujuan PkM adalah memberikan solusi berdasarkan kajian akademik atas kebutuhan, tantangan, atau persoalan yang dihadapi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung,” terang Fauzul.           

Fauzul menyampaikan bahwa berdasarkan survei awal dan diskusi dengan Kepala SMP Negeri 2 Tambang, Muhammad Idris SPd MPd diketahui bahwa permasalahan dalam pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan motivasi proses belajar mengajar perlu sentuhan teknologi.

Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelaksaan workshop selama dua pekan ini dapat dikatakan berhasil dan sukses. Hal tersebut dapat terlihat dari antusias peserta selama kegiatan berlangsung.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat, sehingga kami bisa kembali lagi untuk sharing ilmu dengan guru-guru SMP Negeri 2 Tambang di waktu yang akan dating,” ujar Fauzul ketika menutup acara.

Sementara Kepsek Muhammad Idris menyambut baik workshop yang diadakan. “Mengingat pesatnya perkembangan teknologi pada saat ini maka kegiatan Wokshop Pengembangan Bahan Ajar berbasis E-Learning dianggap penting untuk dilaksanakan. Kegiatan ini bertujuan agar guru-guru SMP Negeri 2 Tambang mampu mengoptimalkan fasilitas yang telah tersedia guna menunjang proses belajar mengajar,” ujar Muhammad Idris kepada cakrawalatoday, Sabtu (19/01/2020).**

Rilis

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button