Berita TerbaruNasional

Kabinet Kerja Jilid II Bakal Diisi Banyak Wajah Baru

CAKRAWALATODAY.COM – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan telah merampungkan nama calon menteri untuk Kabinet Kerja Jilid II. Ia memastikan hal ini sudah final dan tidak akan ada perubahan hingga diumumkan Senin pagi, 21 Oktober 2019.

Jokowi menuturkan masih mempertahankan sejumlah menteri. Namun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan yang baru. “Yang baru lebih banyak,” katanya di Istana Merdeka, Jakarta, Ahad, 20 Oktober 2019.

Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Jokowi menyampaikan kementerian di Kabinet Kerja Jilid II akan tetap berjumlah 34. Sedangkan pembagian antara menteri dari politikus dan profesional yakni 45:55.

Menurut Jokowi, sekitar 16 kursi akan diisi oleh politikus. “Ya, kurang lebih. Saya belum ngitung,” ucap dia.

Namun Jokowi tidak menjawab apakah dari 16 kursi itu ada jatah untuk Partai Gerindra atau partai nonkoalisi lainnya. “Besok dilihat,” tutur Jokowi.

Jokowi menjelaskan pengumuman kabinet diumumkan besok pagi lantaran wakil presiden terpilih, Ma’ruf Amin, harus ke Jepang. “Besok pagi saya kenalkan. Nanti sorenya Pak Kiai Maruf Amin harus ke Jepang untuk menghadiri penobatan kaisar,” ujarnya.**

sumber: TEMPO

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button