Berita TerbaruBerita UtamaPilihan EditorRiau

Aksi Terkait Karhutla, Mahasiswa Bakar Ban di Depan Kantor Gubri

Di halaman digelar apel pengamanan kedatangan presiden. Sementara di luar pagar Kantor Gubri pendemo membakar ban.

CAKRAWALATODAY.COM – Seratusan massa dari Aliansi Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim menggelar aksi demo dengan membakar ban di depan pintu pagar utama Kantor Gubernur Riau (Gubri), Senin, 16 September 2019.

Sementara dalam waktu bersamaan, juga digelar apel gelar pasukan pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo di Riau di halaman Kantor Gubri, ratusan aparat dari TNI dan Polri yang dipimpin Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah.

Aksi dikoordinatori Ikhwansyah itu mengecam keras tindakan pembakaran dan hutan dilakukan perusahaan yang tidak bertangung jawab. Kemudian juga atas tindakan pembakaran lahan dan hutan yang dinilai sangat merugikan orang banyak.

Pada kesempatan ini, Aliansi Mahasiswa UIN Suska mengeluarkan lima pernyataam sikap. Pertama, mengecam seluruh bentuk tindakan pelanggaran pembakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan menimbulkan asap yang menyelijti riau.

Kedua menuntut Pemprov Riau mencabut izin operasional yang terlibat Karhutla.

Ketiga, memberikan sanksi kepada korporasi yang terlibat kebakaran hutan dan lahan untuk menanggung seluruh kerugian masyarakat Riau. Keempat, menuntut Gubri, mundur dari jabatannya jika tidak bisa menyelesaikan masalah Karhutla.

Serta kelima, menuntur Presden RI Joko Widodo melalui Kapolri untk mencopot Kapolda Riau dari jabatannya karena gagal menangani kasus kebakaran dan lahan di Riau.

Hingga pukul 10.00 WIB aksi mahasiswa masih berlangsung. Teriakan orasi dari mahasiswa sempat beberapa kali menjadi perhatian aparat yang sedang melaksanakan gelar apel gelar pasukan pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo.**

sumber: RIAUTERKINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button