Kuantan SingingiPendidikan

Pengabdian Unri di Benai Sosialisasi dan Implementasi Program Smart Village

CAKRAWALATODAY.COM – Universitas Riau melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melakukan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Kegiatan ini berupa sosialisasi dan implementasi program Smart Village yang diperuntukkan bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Benai.

Program pengabdian yang diketuai oleh Dr Okta Karneli MSi dan bersama tim Dra Ruzikna MSi, Drs Kasmirudin MSi, dan Frini Karina Andini SAB MAB ini mulai dilakukan pada 10 Juli 2019 di Kantor Camat Benai yang dibuka oleh Sekretaris Camat.

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi penggunaan media digital dan internet pada UKM di Kecamatan Benai, dan dilanjutkan dengan diskusi bersama para pelaku UKM terkait masalah yang dihadapi selama ini. Pelatihan ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga selesai, dan ditutup oleh Camat Benai Drs Masnur Judin MM.

Dr Okta Karneli sebagai ketua program pengabdian mengungkapkan bahwa melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada para pelaku UKM agar dapat mengembangkan usaha melalui kemajuan internet dan teknologi yang diterapkan.

“Sehingga produk UKM yang dihasilkan dapat dipromosikan secara luas melalui teknologi dan mampu meningkatkan penjualan serta pengembangan usaha masyarakat di Kecamatan Benai,” ujar Okta.

Salah seorang peserta pengabdian, Rosita mengungkapkan, kegiatan ini dirasakan sangat bermanfaat karena memberikan cara pandang baru mengenai strategi menjual dan mempromosikan produk lokal yang mereka hasilkan, sehingga dapat dinikmati oleh seluruh elemen masyarakt di berbagai daerah.

Kegiatan pengabdian yang dimulai pada bulan Juli ini terus dilakukan secara berkala melalui pendampingan media digital. Para pelaku UKM dapat terus bertanya dan konsultasi terkait masalah yang dihadapi.

Dan sebagai salah satu bentuk pengabdian, kegiatan ini juga memberikan akses internet berupa seperangkat WIFI yang diberikan kepada masyarakat dalam rangka memberikan kemudahan untuk mengakses internet secara gratis dan memudahkan masyarakat untuk menerapkan konsep Smart Village ini.**

sumber: RILIS

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button