Berita Terbaru

JMSI Riau Siapkan Kegitan Pelatihan dan Bimtek Jurnalistik

Cakrawalatoday.com — Sebuah inisiatif yang bertujuan meningkatkan
kualitas wartawan di Provinsi Riau, khususnya di kalangan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Riau, hadir dalam bentuk Pelatihan dan Bimtek Jurnalistik. Sejumlah Pengurus JMSI Riau, menggelar Rapat Persiapan kegitan, di Kantor JMSI Riau, Jalan Tengku Bey Pekanbaru, Senin (14/10/2024).

Rapat langsung dipimpin Ketua JMSI Riau H Dheni Kurnia, dikuti Sekretaris Ridho, Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Farunnas MA Jabbar, dan sejumlah pengurus
lainnya.

Direncanakan Pelatihan ini akan diselenggarakan pada 9-11 November 2024. “Jadi nanti kita akan buat sebuah pelatihan dan bimbingan teknis untuk jurnalis JMSI Riau, yang akan kita laksanakan pada November nanti. Rencananya berlangsung selama tiga hari berturut turut,” ujar Dheni Kurnia.

Dikatakan Bang Dheni, sapaan akrab wartawan senior ini, sesi pelatihan
jurnalistik diketuai Luzi
Diamanda, sedangkan Bimtek dikomandoi oleh Farunnas MA Jabbar.

Pelatihan ini akan diikuti oleh perwakilan Anggota JMSI seluruh Kabupaten Kota Provinsi Riau. “Pesertanya dari anggota JMSI Riau sendiri, masing-masing kabupaten kota mengirimkan empat anggota sebagai peserta,” ujarnya.

Pelatihan dan Bimtek Jurnalistik ini kata Dheni lagi diharapkan dapat
memberikan gambaran yang lebih luas tentang tugas seorang wartawan dalam
penyajian berita khususnya di media online.

Tak Hanya itu, Plt Ketua PWI Riau ini juga mengungkapkan bahwa pelatihan
tersebut tidak hanya akan mencakup aspek dasar jurnalistik seperti penulisan
berita yang baik dan pembuatan judul berita yang menarik. “Lebih dari itu kita akan mengombinasikan dengan pelatihan lain seperti skill public speaking, teknik penulisan, dan lainnya,” papar Dheni.

Dia menekankan bahwa tujuan utama dari pelatihan dan Bimtek ini adalah untuk
mengembangkan sumber daya manusia di bidang jurnalistik. Sebagai seorang jurnalis khusus anggota JMSI Riau, Dheni berkeinginan untuk mengajarkan wartawan-wartawan agar dapat menjadi wartawan yang kompeten dalam menyediakan informasi berkualitas.

Pelatihan jurnalistik ini diharapkan menjadi langkah awal dalam meningkatkan standar profesi jurnalis, sekaligus memastikan bahwa informasi yang disajikan kepada masyarakat memiliki kualitas yang baik dan dapat dipercaya. *Rls

Back to top button