PendidikanRiau

Politeknik Caltex Riau Raih Juara 2 AAKRUTI Asia Pasific South 2024

Cakrawalatoday.com — Politeknik Caltex Riau (PCR) kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional dengan berhasil meraih Juara 2 pada kompetisi AAKRUTI Asia Pasific South 2024. Babak final kompetisi ini dilaksanakan secara daring pada 28 September 2024.

Tim PCR yang berhasil meraih juara adalah tim Degeyopang, yang terdiri dari Yosiadi Manalu, Dedi Putra Samuel Zalukhu, George Firman Gultom, dan Daniel Simatupang, di bawah bimbingan Agus Wijianto. Mereka merupakan mahasiswa dari Program Studi Sarjana Terapan Teknik Mesin dan Teknologi Rekayasa Mekatronika.

Yosiadi Manalu, ketua tim Degeyopang, menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian yang luar biasa ini, meskipun timnya merasa sedikit kecewa karena belum berhasil meraih juara pertama.

“Kami di tim tidak menyangka bisa mendapat Juara 2 pada ajang ini, apalagi ini pertama kalinya kami ikut. Walaupun sedikit kecewa tidak bisa juara 1 dan lolos ke tingkat dunia yang akan dilangsungkan di India, kami sangat berterima kasih kepada pembimbing kami dan pihak kampus yang mendukung selama perlombaan,” ujar Yosiadi. Dia juga menambahkan bahwa hasil ini menjadi motivasi untuk tim agar lebih baik di tahun-tahun mendatang.

Selain tim Degeyopang, Politeknik Caltex Riau berhasil meloloskan tiga tim lainnya ke babak final tingkat Asia Pasifik, yaitu tim Terrain Tacklers, Glass Waste Recycler Machine, dan SilentSociety. Keberhasilan ini memperlihatkan kekuatan dan potensi para mahasiswa PCR dalam kompetisi internasional yang diikuti oleh mahasiswa teknik, desain, arsitektur, dan bidang lainnya.

Pada babak final, empat tim ini melawan beberapa tim dari Malaysia, Singapura, Philipina dan Indonesia.

Berikut adalah daftar tim dan anggota Politeknik Caltex Riau yang lolos ke babak final:

Terrain Tacklers: Zaenufri Khahendra Putra, Elbert Stanly, M. Ryan Arya Luthfi, M. Raihan Aldira (Pembimbing: Roni Novison)
Glass Waste Recycler Machine: Bima Adelpo Perdana, Andre Adriano, Raffly Ramadhan, M. Ihsan (Pembimbing: Mustaza Ma’a)

Silent Society: Rahmad Arifin, Imam Budi Santoso, Ziyad Alkhairi, Edi Susanto Ramadan (Pembimbing: Agus Wijianto)

AAKRUTI Global 2024 merupakan kompetisi desain produk berskala internasional yang diselenggarakan oleh Dassault Systèmes. Kompetisi ini bertujuan untuk menginspirasi para mahasiswa dalam menciptakan solusi inovatif dan berkelanjutan bagi tantangan global, seperti energi hijau, mobilitas berkelanjutan, serta infrastruktur perkotaan.

Prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa dan dosen di Politeknik Caltex Riau untuk terus berinovasi dan mengharumkan nama institusi di ajang internasional. **

Back to top button