Batam

Jasa Raharja Kepri dan Politeknik Negeri Batam, Gelar Pelatihan dan Pendampingan Branding bagi UMKM di Batam

Batam – PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau (Kepri) menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan branding bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Batam pada Rabu, 11 September 2024.

Kegiatan ini terlaksana bekerja sama dengan Politeknik Negeri Batam sebagai bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan. Program ini bertujuan untuk mendorong kemajuan ekonomi masyarakat sekitar melalui penciptaan nilai bersama (Creating Shared Value) yang sejalan dengan komitmen Jasa Raharja dalam memberikan kontribusi positif bagi pengembangan UMKM di era digital.

“Program penelitian dan pengabdian masyarakat, salah satunya program dengan PT Jasa Raharja ini menjadi bentuk hands-on mahasiswa mengaplikasikan keilmuannya. Semisal bapak ibu UMKM memerlukan pencatatan keuangan, bisa melibatkan mahasiwa akuntansi”, kata Daniel Sutopo selaku Kepala P3M Polibatam.

Dalam kesempatan tersebut Daniel juga mengapresiasi pelaksanaan kerjasama ini dan berterima kasih pada jasa raharja telah mempercayakan polibatam sbg mitra kerjasama.

Pelatihan ini menekankan pentingnya memanfaatkan platform digital, seperti Instagram, yang memungkinkan UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Konsistensi branding di berbagai saluran digital dinilai dapat membantu menciptakan kesan profesional dan membangun citra positif di mata konsumen.

“Selain logo yang menarik, elemen-elemen lain seperti pemilihan warna yang tepat, konten yang relevan, serta jadwal posting yang efektif sangat berperan dalam membentuk branding produk yang kuat,” ujar Ibu Ancala, dosen desain grafis Politeknik Negeri Batam, yang turut hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut.

Meski demikian, UMKM sering kali menghadapi tantangan berupa keterbatasan sumber daya, baik dari segi finansial maupun pengetahuan. Oleh karena itu, pelatihan ini diharapkan menjadi solusi praktis bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan branding mereka.

“Dengan strategi branding yang tepat, UMKM tidak hanya dapat bertahan, tetapi juga mampu bersaing dengan perusahaan besar di pasar global. Melalui program TJSL dari PT Jasa Raharja, kami berkomitmen membantu UMKM Kota Batam sukses melalui branding yang kuat,” ungkap Arief, Kepala Keuangan, Akuntansi & ESG Cabang Kepulauan Riau.

Ditempat yang terpisah Kepala Jasa Raharja Kepri mengatakan program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi UMKM di Kota Batam dan sekitarnya, serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal yang lebih berkelanjutan.

“Tidak lupa pada kesempatan ini kami menghimbau kepada masyarakat untuk taat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor sehingga dapat meringankan beban korban kecelakaan dan mendukung kemajuan kota Batam,” uajr Wanda. (*)

Back to top button