Berita TerbaruPekanbaruPolitik

Pilkada Pekanbaru: Pasangan Balon Wali Kota Edy Natar-Dastrayani Bibra Berlayar

Cakrawalatoday.com — Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Pekanbaru, Brigjend TNI (Pur) Edy Natar Nasution- Dastrayani Bibra ‘berlayar’ di Pilkada Pekanbaru, November mendatang. Kepastian itu setelah KPU Pekanbaru menerima berkas pendaftaran keduanya pada pukul 22.00 Wib, Kamis (29/8/2024).

Pemeriksaan berkas berlangsung alot dan cukup lama mencapai dua jam, dari pukul 20.00 hingga 22.00 Wib dibanding tiga balon sebelumnya. Hal itu disebabkan dari hasil verifikasi KPU Kota Pekanbaru, dari empat partai pengusung, hanya Partai Nasdem dan PPP yang telah menyerahkan form B1 KWK asli, sementara Partai Buruh dan PBB hanya mengirimkan salinannya saja. Sehingga KPU dengan terpaksa mencoret kedua partai tersebut sebagai pengusung.

Namun, meskipun PBB dan Partai Buruh dicoret sebagai pengusung, pasangan Edy Natar-Dastrayani Bibra tetap sah terdaftar dan ‘berlayar’ karena dengan Nasdem dan PPP sudah memenuhi syarat. Sedangkan PBB dan Partai Buruh hanya menjadi partai pendukung.

Terkait hal itu, Edy Natar yang tampil gagah dengan berbaju Melayu warna biru dan tanjak hijau bercorak kuning emas, mengatakan bahwa setelah dilakukan penelitian oleh KPU, khusus dua partai yakni Buruh dan PBB belum bisa menjadi partai pengusung. Karena kedua partai belum bisa menunjukkan dokumen asli SK B1KWK saat pendaftaran.

“Sehingga kedua partai tersebut tidak bisa menjadi partai pengusung. Jadi partai pengusung hanya partai Nasdem dan PPP saja,” ungkap mantan Dandrem 031/Wirabima .

Bagi mantan Gubernur Riau ini, hal itu tidak menjadi persoalan. Yang penting menurutnya, dirinya dan Dastrayani sudah sah sebagai pasangan bakal calon wali kota.

”Tak bisa jadi pengusung ya jadi pendukung, yang penting berlayar,” ujarnya berkelakar.

Menjawab pertanyaan awak media terkait peluang menangnya menjadi orang nomor satu di Kota Bertuah, ia menjawab lantang. “Tak usahkan untuk wali kota, sedang menjadi gubernur saja saya yakin dan optimis,” ujarnya, mendapat sorak dan tepuk tangan massa yang hadir. */Rls

Back to top button