Berita TerbaruPendidikan

Inisiatif Kreatif, Mahasiswa Politeknik Caltex Riau Ajarkan Ecoprint di SLB Negeri Sri Mujinab

Cakrawalatoday.com — Kelompok mahasiswa dari Politeknik Caltex Riau yang tergabung dalam Tim YouthCares mengadakan pelatihan Ecoprint di SLB Negeri Sri Mujinab pada Jumat, 19 Juli 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) jenis Pengabdian Masyarakat (PM) yang didanai oleh Direktorat Akademik dan Pendidikan Vokasi (DAPTV) tahun 2024.

Tim ini terdiri dari Teresia Evana S sebagai ketua, bersama anggota Dian Agusti, Rafly Eka Putra, Meirini Bangun, dan Nasywa Azizah, dengan bimbingan dosen Putri Madona SST MT.

Mereka membagikan pengetahuan tentang teknik ecoprint menggunakan metode pounding kepada sembilan siswa, terdiri dari dua siswa laki-laki dan tujuh siswa perempuan. Pelatihan juga diikuti oleh beberapa guru pengajar dan kepala SLB, Natta Riviana SPd MPd.

Teresia Evana mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan baru yang bermanfaat bagi siswa SLB, serta untuk memperkenalkan konsep ramah lingkungan dalam proses pewarnaan kain. “Kami berharap melalui pelatihan ini, para siswa dapat mengembangkan kreativitas mereka dan menerapkan keterampilan ini di masa depan,” ungkapnya.

Para siswa dengan antusias belajar cara membuat motif unik di atas kain menggunakan bahan-bahan alami seperti daun dan bunga. Teknik pounding memungkinkan transfer pola dari daun ke kain melalui proses pemukulan.

Kegiatan lainnya yang sudah dijalankan oleh Tim Youthcares adalah Ecoprint dengan teknik Steam dan Pelatihan Teknik Foto Produk. Seluruh kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi siswa untuk terus berkreasi dan dapat membuka peluang ekonomi mandiri bagi para siswa dengan memanfaatkan pengetahuan Ecoprint yang telah mereka kuasai.

Sementara itu, Natta Riviana mengucapkan terimakasih kepada Tim Youth Cares yang telah memilih SLB Negeri Sri Mujinab sebagai partner dalam kegatan Program Kreativitas Mahasiswa.

Dengan adanya kegiatan ini, Natta berharap SLB Negeri Sri Mujinab mampu menerapkan dan mengembangkan kreativitas Ecoprint dalam bentuk lainnya seperti outer, jilbab dan lainnya untuk menjadi produk kewirausahaan sekolah.**

Back to top button